UNIT ICT
FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Unit ICT [Information & Communication Technology] adalah unit yang mengelola dan mengembangkan semua sistem jaringan, perangkat lunak aplikasi, dan multimedia serta peralatan/fasilitas terkait Information & Communication Technology di lingkungan kampus FKIP Untan.

ICT Berfokus pada penyediaan, pengelolaan, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan FKIP. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung kegiatan akademik, administrasi, penelitian, dan pengabdian masyarakat di fakultas ini.

Layanan:
ICT FKIP UNTAN menyediakan berbagai layanan dan dukungan teknologi informasi dan komunikasi kepada dosen, mahasiswa, dan staf administratif FKIP UNTAN.

Layanan-layanan tersebut meliputi:

  1. Akses jaringan dan internet di seluruh kampus FKIP UNTAN.
  2. Pengembangan dan pemeliharaan situs web dan aplikasi terkait FKIP UNTAN, termasuk pngelolaan Frequently Asked Questions [FAQ] Center dalam efisiensi penggunaan fasilitas ICT;
  3. Dukungan teknis untuk masalah perangkat keras dan perangkat lunak.
  4. Pemantauan dan keamanan jaringan.
  5. Pengadaan, pemeliharaan dan pengelolaan laboratorium komputer dan perangkat multimedia.

Aktivitas:
1. ICT FKIP UNTAN aktif dalam mengadakan pelatihan, seminar, dan workshop terkait penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, mereka juga terlibat dalam berbagai proyek pengembangan teknologi, baik yang melibatkan mahasiswa maupun dosen, untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akademik di FKIP UNTAN.

2. Pelatihan dan Dukungan Teknis: ICT FKIP menyelenggarakan pelatihan bagi mahasiswa, dosen, dan staf administrasi dalam penggunaan teknologi informasi terkini. Selian itu, memberikan dukungan teknis untuk mengatasi masalah dan kendala terkait teknologi dan platform pembelajaran digital guna meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan di FKIP UNTAN.

3. Keamanan Informasi: Unit ini menjaga keamanan data dan sistem informasi agar tetap terlindungi dari ancaman siber dan pelanggaran keamanan.

4. Penelitian dan Pengembangan: ICT FKIP berperan dalam penelitian dan pengembangan bidang teknologi informasi dan komunikasi yang relevan dengan kebutuhan fakultas dan pendidikan.
5. Kolaborasi Eksternal: Bagian ICT FKIP UNTAN mungkin menjalin kemitraan dengan institusi atau lembaga lain, baik di tingkat regional maupun nasional, untuk berbagi pengetahuan dan mengembangkan proyek-proyek inovatif yang melibatkan teknologi.

Struktur Organisasi:
ICT FKIP UNTAN dipimpin oleh seorang Kepala yang bertanggung jawab langsung kepada Dekan FKIP UNTAN. Didukung oleh staf yang bekerja untuk memberikan dukungan teknologi informasi dan komunikasi kepada seluruh civitas akademika FKIP UNTAN.

Hemry Data Analisis
Dwija Jaringan dan Programer
Subarjo: Multimedia

Catatan:
Profil ini berdasarkan informasi yang tersedia hingga September 2023. Terdapat kemungkinan terjadi perubahan dalam struktur organisasi dan layanan pada periode setelah itu.
Profil ICT FKIP UNTAN tersebut dapat berubah dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan fakultas.

Informasi terbaru dapat diperoleh melalui sumber resmi dari Universitas Tanjungpura atau FKIP UNTAN.

Kampus I FKIP Untan

Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi
Pontianak - Kalimantan Barat- Indonesia

Kampus II FKIP Untan (Jurusan PGSD)

Jl. Jl. Karya Bhakti
Pontianak - Kalimantan Barat- Indonesia

Kampus III FKIP Untan
(Jurusan Keolahragaan)

Gg. Nurul Huda
Pontianak - Kalimantan Barat- Indonesia