Masuk Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Melalui Sistem Penilaian Portofolio

Pontianak, 27 September 2021 Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan Universitas Tanjungpura melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Sosialisasi Adaptasi Perubahan Tata Aturan Masuk Perguruan Tinggi Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Melalui Sistem Penilaian Portofolio Di MGMP Seni Budaya SMA Negeri Kota Singkawang” secara daring. “Kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan Universitas Tanjungpura untuk memberikan informasi terkait Tata Aturan Masuk Perguruan Tinggi Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Melalui Sistem Penilaian Portofolio” kata Ketua Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan Universitas Tanjungpura Dr. Imam Ghozali saat rapat akan dilaksanakannya kegiatan PKM Sosialisasi Adaptasi Perubahan Tata Aturan Masuk Perguruan Tinggi Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan Melalui Sistem Penilaian Portofolio Di MGMP Seni Budaya SMA Negeri Kota Singkawang.

Sosialisasi adaptasi perubahan tata aturan masuk perguruan tinggi prodi pendidikan seni pertunjukan melalui sistem penilaian portofolio di MGMP Seni Budaya SMA Negeri Kota Singkawang diikuti oleh 87 Orang terdiri dari siswa dan guru dan anggota MGMP Seni Budaya Singkawang. Kegiatan sosialisasi Guru dan siswa dibekali tentang pengetahun terkait jalur masuk PTN dan prosedur penilaian Portofolio. Pembukaan ini di awali dengan doa kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dekan FKIP Untan Bapak Prof. Dr. H. Martono, M.Pd, sekaligus membuka kegiatan. Sambutan Ketua Prodi Pendidikan Seni pertunjukan Bapak Dr. Imam Ghozali, M.Pd dan hadir pula secara virtual Ketua MGMP Seni Budaya SMA Kota Singkawang Bapak Joko Sabran Gunawan, S.Pd.

Kegiatan PKM ini mendapatkan sepenuhnya dukungan dan apresiasi dari Dekan FKIP Untan, beliau mengatakan sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan yang telah menyelenggarakan kegiatan PKM ini dan berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dalam lingkup Kota Singkawang, tetapi harus Se-Kalbar atau bahkan secara nasional. Pada kesempatan yang sama Dekan FKIP Untan Bapak Prof. Dr. H. Martono, M.Pd mengajak bersama-sama bersenergi untuk membangun dan meningkatkan prestasi Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan dan mendorong dosen-dosen muda untuk segera melanjutkan pendidikan kejenjang Doktor.

Model dan proses seleksi calon mahasiswa baru masuk Perguruan Tinggi Negeri dikembangkan sesuai perkembangan teknologi informasi, teknologi cyber, dan era digitalisasi serta tuntutan masyarakat terhadap output pendidikan tinggi yang kompeten. Selain itu masyarakat membutuhkan model tes dan seleksi calon mahasiswa baru yang mengacu pada prinsip-prinsip kenyamanan, fleksibilitas, dan kualitas. Seiring dengan perkembangan tersebut pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) terjadi beberapa perubahan. Salah satu perubahannya ialah telah dihapusnya ujian keterampilan untuk jurusan atau program studi (prodi) bidang seni dan olahraga. Sebagai penggantinya, diadakan seleksi jenis baru, yakni seleksi portofolio karya atau prestasi.

Prodi pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan adalah salah satu lembaga yang melakukan proses penerimaan mahasiswa bartu melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN dengan sistem penilaian portofolio. Sampai saat ini pola dan proses penilaian menggunakan aplikasi komputerisasi yang terbaru. Portofolio adalah informasi berupa catatan atau dokumentasi pencapaian prestasi seorang pelajar. Dokumentasi yang disertakan dalam portofolio bisa berupa foto, video, atau karya yang sebelumnya pernah dibuat. Isi portofolio merupakan kombinasi antara dokumentasi karya atau penampilan yang khusus dibuat oleh peserta sesuai dengan instruksi untuk setiap bidang, dan dokumentasi karya atau penampilan yang telah dimiliki atau dibuat sebelumnya oleh peserta semasa mengikuti pendidikan menengah.

Kegiatan ini melibatkan Pihak Bidang Akademik Universitas Tanjungpura yakni Bapak Sirhan, S.Kom sebagai narasumber. Pada kegiatan, pemateri memberikan sosialisasi dalm bentuk ceramah dan penjelasan mengenai pengetahuan dan wawasan terkait sistem penilaian portofolio pada jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk prodi seni, kegiatan dilaksanakan melalui pemaparan materi dan diskusi.

Pada kegiatan ini pertanyaaan diberikan oleh para guru kepada Pemateri terkait dengan materi yang belum dipahami. Setelah memberikan materi, pemateri memberikan kesempatan kepada para guru untuk menyakan segala sesuatu yang belum dipahami dari penjelasan matri yang telah dijelaskan. Kegiatan tanya jawab ini berlangsung lancar dan menyenangkan. Hal ini terjadi karena tingginya minat dan antusias para guru untuk memahami materi. Pada kegiatan, pemateri memberikan gambaran berupa video terkait penggunaan template dan cara unggah dokumen portofolio beserta ketentuannya, yang dilaksanakan melalui pemaparan materi dan diskusi.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan kegiatan penutup, oleh Dr. Imam Ghozali, M.Pd selaku ketua pelaksana kegiatan PKM sekaligus Ketua Progam Studi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan. Setelah beberapa rangkaian acara telah diselesaikan maka pada kegiatan penutup ini, kegiatan dilaksanakan dengan pembacaan doa, dan ucapan terimakasih kepada semua yang terlibat baik guru, host dan ketua MGMP Mata Pelajaran Seni Budaya SMA Kota Singkawang yang telah membantu terselenggakan kegiatan sosialisasi ini.

 

Share:

<i class="fab fa-facebook" aria-hidden="true"></i> Share on facebook
Facebook
<i class="fab fa-twitter" aria-hidden="true"></i> Share on twitter
Twitter
<i class="fab fa-whatsapp" aria-hidden="true"></i> Share on whatsapp
WhatsApp
<i class="fab fa-telegram" aria-hidden="true"></i> Share on telegram
Telegram

Kampus FKIP Untan

Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi
Pontianak - Kalimantan Barat- Indonesia

Kampus FKIP Untan (Jurusan PGSD)

Jl. Jl. Karya Bhakti
Pontianak - Kalimantan Barat- Indonesia

Kampus FKIP Untan
(Jurusan Keolahragaan)

Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi
Pontianak - Kalimantan Barat- Indonesia