PRODI BK FKIP TINGKATKAN KEMAMPUAN KONSELING KELOMPOK GURU BK KUBU RAYA

Tugas guru bimbingan dan konseling di sekolah bermacam-macam antara lain memberikan bimbingan belajar, sosial, pribadi dan karier. Bimbingan Konseling kelompok merupakan salah satu teknik bimbingan yang dapat digunakan oleh guru BK dalam melaksanakan tugasnya, karena lebih efektif. Layanan bimbingan konseling kelompok dapat membimbing siswa-siswanya dalam jumlah yang lebih banyak dalam waktu yang bersamaan. Selain itu layanan ini juga sesuai dengan teori belajar dimana dalam pelaksanaannya mengandung aspek sosial yaitu adanya kerjasama dalam belajar. Para siswa yang ikut dalam layanan ini akan mengungkapkan ide-idenya dan saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Sebagai guru bimbingan dan konseling seharusnya memiliki kemampuan untuk melaksanakan teknik bimbingan konseling kelompok. Teknik ini sangat bermanfaat jika sering dilakukan untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi peserta didik

Pada kenyataannya sering kita temui kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi peserta didik dapat terganggu dikarenakan oleh perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap yang kurang obyektif, sempit dan terkukung serta tidak efektif. Melalui layanan bimbingan konseling kelompok diharapkan hal-hal yang mengganggu atau menghimpit perasaan dapat diungkapkan melalui berbagai cara. Melalui layanan bimbingan konseling kelompok diharapkan dapat membantu menghilangkan hambatan-hambatan yang mengganggu berkembangnya kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan bersosialisasi.

Bimbingan konseling kelompok membahas topik-topik tertentu yang mengandung permasalahan aktual (hangat) dan menjadi perhatian peserta didik. Melalui dinamika kelompok yang intensif, pembahasan topik-topik tsb mendorong pengembangan perasaan, pikiran, persepsi, wawasan dan sikap yang menunjang diwujudkannya tingkah laku verbal maupun non verbal yang lebih baik. Selain itu dapat membantu memecahkan masalah individu yang bersangkutan, dapat juga memberikan masukan bagi anggota lain yang sedang mengalami masalah.

Berdasarkan uraian yang sudah dipaparkan di atas, maka kegiatan pengabdian pada masyarakat yang akan dilakukan oleh TIM PKM FKIP UNTAN Prodi Bimbingan dan Konseling bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang teknik bimbingan konseling kelompok kepada guru BK SMP baik negeri maupun swasta yang tergabung dalam wadah musyawarah guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Kubu Raya dengan harapan setelah dikasih pelatihan mereka dapat mempraktekan kepada peserta didiknya.

Pelatihan tentang Bimbingan Konseling Kelompok dilaksanakan selama dua hari. Pesertanya adalah guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama baik Negeri maupun Swasta yang tergabung dalam wadah Musyawarah Guru Bimbingan Konseling Kabupaten Kubu Raya. Tujuan pelatihan adalah membekali guru Bimbingan dan Konseling agar memiliki pemahaman tentang layanan Bimbingan Kelompok dengan baik dan benar. Selanjutnya melatih guru BK agar trampil melaksanakan teknik bimbingan kelompok terhadap peserta didiknya. Metode yang digunakan untuk kegiatan ini adalah ceramah interaktif, diskusi dan demontrasi. Sedangkan medianya berupa media visual dan audio visual.

Share:

<i class="fab fa-facebook" aria-hidden="true"></i> Share on facebook
Facebook
<i class="fab fa-twitter" aria-hidden="true"></i> Share on twitter
Twitter
<i class="fab fa-whatsapp" aria-hidden="true"></i> Share on whatsapp
WhatsApp
<i class="fab fa-telegram" aria-hidden="true"></i> Share on telegram
Telegram

Kampus FKIP Untan

Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi
Pontianak - Kalimantan Barat- Indonesia

Kampus FKIP Untan (Jurusan PGSD)

Jl. Jl. Karya Bhakti
Pontianak - Kalimantan Barat- Indonesia

Kampus FKIP Untan
(Jurusan Keolahragaan)

Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi
Pontianak - Kalimantan Barat- Indonesia