Mahasiswa Sampaikan Pesan Keberagaman di Dies Natalis 35 FKIP Untan

Mahasiswa menggunakan pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia

Dalam memeriahkan rentetan kegiatan dies natalis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura (Untan) ke-35 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP. Himsera mengikuti karnaval hima dan jalan santai dengan tema “pluralitas” di lapangan basket FKIP.

Dalam karnaval dan jalan santai ini, Himsera mengambil tema “Bersatu Dalam Keberagaman” dengan menampilkan tokoh adat dan tokoh agama serta mengenakan atribut dari berbagai suku yang ada di di Kalimantan Barat seperti Tionghoa, Dayak, Melayu dan Jawa. Hal ini turut dilakukan guna menyampaikan pesan persatuan dan nasionalisme kepada mahasiswa mengingat tingginya kasus bersifat intoleransi dan ekstrimisme yang terjadi belakangan.

Tujuan dari pemilihan tema yang dilakukan oleh Himsera sendiri antara lain guna menyampaikan pentingnya keberagaman seperti yang diungkapkan oleh Intan, sekretaris Himsera periode 2017-2018.

“Tujuannya guna mempersatukan keberagaman suku yang ada di FKIP Untan, menghilangkan perbedaan dan menghapus permusuhan,” ujarnya.

Intan juga menambahkan kegiatan ini amatlah baik dilaksanakan karena terdapat banyak hal positif yang dapat didapatkan.

“Sangat bagus, dalam kegiatan ini semua Hima dan UKM berbaur menampilkan kreatifitasnya masing-masing, banyak kegiatan positif yang dapat kita jadikan pelajaran bersama disini,” tambahnya

Terakhir, mahasiswi yang baru saja memasuki semeter IV ini juga mengungkapkan harapannya atas diselenggarakannya kegiatan ini.

“Bagus sekali, ini tahun kedua saya mengikuti karnaval seperti ini. Tema nya juga berubah, alhamdulillah tahun lalu Himsera tahun lalu memperoleh kategori The Best Theme, semoga tahun ini dapat lebih baik lagi, dan yang terpenting tahun depan harus dilaksanakan kembali” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *