Mahasiswa Pendidikan Sejarah Melakukan Kunjungan ke Perpustakaan BPNB

Untuk mendukung materi perkuliahan Pengantar Ilmu Sejarah di Program Studi Pendidikan Sejarah, Andang Firmansyah selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah mengajak mahasiswa untuk mengunjungi Perpustakaan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Pontianak. Kegiatan ini dilakukan untuk menunjang materi metode penelitian sejarah yaitu Heuristik (Pengumpulan Sumber). Kategori sumber sendiri ada beberapa macam, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Untuk memaksimalkan kualitas kegiatan ini, rombongan dibagi ke dalam dua kloter yaitu pada tanggal 10-11 Oktober 2017.

Kedatangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah disambut langsung oleh Kepala BPNB, Dra. Endraswati yang kemudian menyampaikan sambutan serta penjelasan tentang keberadaan perpustakaan di lembaga yang beliau pimpin. Perpustakaan di BPNB ini berisi tentang buku-buku referensi, manuskrip, dan laporan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di lingkungan BPNB. Di lingkungan BPNB sendiri memiliki dua bidang peneliti yaitu peneliti di bidang budaya dan peneliti di bidang sejarah.

Pada saat kunjungan ini, mahasiswa juga diberikan penjelasan oleh peneliti di lingkungan BPNB yaitu Any Rahmayani (peneliti bidang sejarah), M. Natsir (peneliti bidang budaya), dan Asnaini (peneliti bidang sejarah). Penjelasan dimulai dari apa itu Balai Pelestarian Nilai Budaya dari tugas pokok sampai jumlah BPNB di seluruh Indonesia. Kemudian penjelasan dilanjutkan dengan isi dari Perpustakaan BPNB Pontianak sehingga mahasiswa menjadi lebih paham. Selanjutnya setelah selesai memberikan penjelasan kemudian mahasiswa melihat-lihat buku-buku koleksi yang ada di perpustakaan BPNB.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *