Sejarah Pendidikan Matematika

Prodi P. Matematika termasuk salah satu Jurusan P. MIPA

Program studi pendidikan matematika pada awalnya merupakan salah satu program sarjana muda Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Swasta di Pontianak. IKIP swasta ini dibiayai pemerintah sesuai dengan SK No. 83/Sek-TU/64 tanggal 25 November 1964. IKIP Swasta tersebut menjadi IKIP Bandung Cabang Pontianak dan statusnya berubah menjadi IKIP Negeri, dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 75/1965, tanggal 30 April 1965. Sehingga, IKIP Negeri tidak berdiri sendiri, tetapi sebagai filial IKIP Bandung, artinya dibina oleh IKIP Bandung.

Berdirinya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) tahun 1966 diwujudkan dengan keluarnya SK Gubernur Kepala Daerah Kalimantan Barat, Nomor: 1/BP/IKIP/67, tanggal 15 Januari 1967, tentang berdirinya FIP dengan Jurusan Ilmu Pendidikan Umum.

Penggabungan dua Departemen (Pendidikan Dasar dan Kebudayaan dengan Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) menjadi satu (Pendidikan dan Kebudayaan) membawa aspirasi baru bagi pembinaan dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 161/1967 tanggal 16 Desember 1967 tentang pengintegrasian IKIP Cabang di seluruh Indonesia ke dalam Universitas setempat.

Berdasarkan SK tersebut, pada tahun 1969 IKIP Bandung Cabang Pontianak diintegrasikan ke dalam lingkungan Universitas Tanjungpura (Untan). Setelah berintegrasi dengan Untan, IKIP Bandung Cabang Pontianak dibagi dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan (FKG) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Pada tahun 1979 program sarjana muda pendidikan matematika menjadi jurusan Pendidikan Matematika S1 Fakultas Keguruan Untan. Perkembangan sistem pendidikan tinggi di Indonesia mengakibatkan bergabungnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi satu pada tahun 1983, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Selanjutnya terbit SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 20418/C/1983 tanggal 4 Maret 1983 tentang berakhirnya masa jabatan para Dekan di lingkungan Universitas Tanjungpura. Hal ini merupakan awal sejarah keberadaan FKIP di lingkungan Universitas Tanjungpura. Dan pada tahun 1983 jurusan Pendidikan Matematika S1 menjadi Program studi S1 Pendidikan Matematika Jurusan IPS FKIP. Selanjutnya tahun 1996, hingga saat ini menjadi program studi S1 Pendidikan Matematika Jurusan MIPA FKIP Untan.