Keberhasilan suatu pendidikan sangat tergantung dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh seorang guru. Hal ini sejalan dengan pendapat Asis Saefuddin (2016, h.34), “keberhasilan suatu pembelajaran akan menjadi efektif bergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah pendidik yang dapat mengemas strategi pembelajaran”. Pendidik┬áharus bertanggung jawab kepada
hasil belajar peserta didiknya, karena hal tersebut merupakan faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya proses pembelajaran. Adapun yang dapat dilakukan oleh pendidik dengan cara menciptakan suasana belajar yang asyik dan menyenangkan. Dengan adanya kegiatan workshop dan seminar yang dilakukan di Aula Konferensi Lima Untan tepatnya pada tanggal 18 Januari 2022 dengan narasumbernya Kang Deden adalah sebagi pembekalan bagi guru ataupun calon guru untuk pembelajaran di kelas dan meningkatkan kompetensi guru untuk menjadi sosok tenaga pendidik yang asyik dan menyenangkan.

Kang Deden selaku narasumber juga menyatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan seminar workshop dan seminar gurame (guru asyik dan menyenangkan) adalah untuk mencetak para guru agar bisa mampu mempersiapkan diri pada saat pembelajaran di kelas, selain itu juga dapat memberikan inspirasi untuk para guru agar bisa menjadi seorang pendidik yang luar biasa dengan memberikan contoh terbaik kepada para peserta didiknya dari persiapan yang dilakukan pada workshop dan seminar ini. Harapan kedepannya guru ataupun calon guru sudah siap dan matang dalam membuat RPPH untuk mengajar peserta didiknya dengan alat peraga yang sudah diajarkan atau dengan metode maupun strategi yang sudah diajarkan sehingga suasana pembelajaran di kelas tidak terkesan jenuh ataupun bosan akan tetapi menjadi asyik dan menyenangkan.

Kesan-kesan dari Kang Deden selaku narasumber dari kegiatan workshop dan seminar gurame yaitu antusias dari para guru yang ada di Kalimantan Barat sangat luar biasa bahkan rela datang jauh-jauh untuk mengikuti kegiatan workshop ini. Adapun kesan-kesan dari Evi selaku mahasiswa PG-PAUD FKIP UNTAN, “Evi jadi tahu bagaimana cara-cara membuka kelas atau pembelajaran pada anak agar anak merasa nyaman dan bahagia misalnya dari penampilan guru yang menunjang contohnya memakai pakaian yang terkesan segar dan berwarna cerah kalau bisa menghindari yang terlalu gelap. Selain itu untuk memberikan semangat kepada anak misalnya memulai dengan tepukan contohnya tepukan tanya jawab, tepuk berlagu dan tepuk simbolik dan untuk kegiatan workshopnya seru dan bisa menjadi bekal untuk kedepannya agar bisa menjadi guru yang hebat dalam memberikan pembelajaran di kelas”.