Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Mahasiswa PG-PAUD FKIP Untan Gelar PKM di Desa Sungai Bulan, 
http://pontianak.tribunnews.com/2019/02/01/mahasiswa-pg-paud-fkip-untan-gelar-pkm-di-desa-sungai-bulan
Penulis: Syahroni              
Editor: Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK –  Mahasiswa dari Prodi PG-PAUD FKIP Untan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Sungai Bulan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Berdasarkan rilis yang dikirim pada tribunpontianak.co.id, kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 28-31 Januari 2019 yakni empat hari tiga malam.

Pada kegiatan ini mahasiswa melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya ramah tamah dengan bersosialisasi dirumah-rumah warga, kerja bakti, perenting dan seminar yang diisi langsung oleh Dosen FKIP Untan, Dian Miranda, M.A dan Lukmanulhakim, S.T. M.Pd.

Kedatangan para mahasiswa disambut ramah oleh Kepala Desa dan warga setempat. Kepala Desa Sungai Bulan, Sukalim, S.Pd merasa terbantu dengan diadakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dan masyarakat setempat menerima dengan tangan terbuka dan tak segan untuk membantu bila para peserta mengalami kendala selama berada di sana.

Warga juga sangat antusias dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa prodi PG-PAUD FKIP Untan.

Ketua Panitia PKM, Putri Shinta Eklesia, menyatakan, selain sebagai persyaratan untuk mengajukan skripsi di FKIP Untan, kegiatan ini juga merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Hal ini bertujuan, agar mahasiswa khususnya peserta dapat merasakan bagaimana rasanya terjun langsung ke masyarakat dan mendapat wawasan serta pengalaman langsung dari masyarakat.

“Tidak hanya sosialisasi yang kami lakukan, kami memiliki sasaran yaitu siswa SDN 59 Sungai Bulan dan PAUD Pelangi. Alasan kami memilih SDN 59 Sungai Bulan dan PAUD Pelangi ini karena kami lebih berpatokan pada anak-anak usia 4-12 tahun,” ungkap Putri Shinta Eklesia.

Dalam kegiatan PKM ini kepanitiaan mahasiswa Prodi PG-PAUD bergabung antara Reguler A dan PPAPK, kegiatan PKM dari prodi PG-PAUD FKIP Untan dibimbing oleh dosen pembimbing yaitu Lukmanulhakim.

Digabungnya antara Reguler A dan PPAPK ini dosen pembimbing, Lukmanulhakim merasa bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Digabungnya kepanitiaan dalam kegiatan PKM antar reguler A dan PPAPK bisa saling mengenal satu dengan lainnya dan saling bekerja sama.

“Kegiatan sosialisasi ke masyarakat juga sudah cukup baik, terutama dalam segi kekompakkan panitia dalam merencanakan kegiatan ini hingga bisa berjalan dengan lancar,” ucap Lukmanulhakim.

Ia harap melalui PKM tahun ini, bisa membuka wawasan para mahasiswa dalam membantu masyarakat dan berpartisipasi serta mendukung lembaga pendidikan khususnya lembaga PAUD yang menjadi sasaran di daerah tertentu.