Himpunan Kimia Indonesia Cabang Kalimantan Barat

HKI Kalbar
Pontianak – Pengurus Himpunan Kimia Indonesia (HKI) cabang Kalimantan Barat resmi dilantik pada tanggal 1 Maret 2014 di Gedung Rektorat Lantai 3 Universitas Tanjungpura. Pelantikan dihadiri oleh ketua HKI Pusat, Muhammad A. Martoprawiro, dan beberapa peserta undangan dari jajaran civitas akademika Universitas Tanjungpura yakni FMIPA Kimia, dan FKIP Pendidikan Kimia.  Selain itu, perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Pendidikan Kimia dan guru Kimia juga diundang dalam acara tersebut. Peresmian HKI juga disambut baik oleh Gubernur Kalbar dan Dinas Pendidikan.
“Dengan terbentuknya HKI, semoga kita dapat meningkatkan kompetisi di bidang sains dan teknologi khususnya dalam bidang kimia.” ungkap Gubernur dalam kata sambutannya yang diwakili oleh staf.
HKI merupan organisasi profesi yang dibentuk pada tahun 1962. Dalam perkembangannya, anggota tidak hanya berasal dari kimia murni, namun juga merekrut orang-orang dari Pendidikan Kimia, Teknik Kimia, bahkan farmasi.
Kalbar sangat kaya akan sumber daya alam. Unsur “Uranium” beberapa kali disebutkan sebagai salah satu sumber yang menjanjikan bagi peningkatan pengelolaan energi.
Selain pelantikan pengurus HKI cabang Kalbar, acara ini juga diisi dengan kuliah umum dengan tema “Cara Baru Memahami Ilmu Kimia dan Perannya dalam Menguatkan Bidang-bidang Terapan”. Para dosen dan Mahasiswa yang mengikuti kuliah umum bersama Muhammad A. Martoprawiro terlihat sangat antusias.
Dalam kesempatan itu, Muhammad A. Martoprawiro atau yang lebih dikenal dengan Pak Kaka banyak berpesan kepada mahasiswa undergraduated dari Pendidikan Kimia agar lebih memperhatikan konsep-konsep yang keliru dalam mengajarkan Kimia.

oleh : Yunita Kusumawardani

Sumber

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *