Pontianak, 28 Februari 2018. Prodi Pendidikan Geografi FKIP Untan menerima visitasi dari Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dalam rangka Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi. Adapun Asesor yang ditugaskan dari BAN PT yaitu; Ibu Dr. Epon Ningrum, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Ibu Prof. Dr. Dewi Liesnoor Setyowati, M.Si dari Universitas Negeri Semarang. Kegiatan Visitasi dimulai pada hari Rabu, 28 Februari 2018 pukul 08:00 – 20:30 WIB di FKIP Untan. Kegiatan Akreditasi Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Untan merupakan Akreditasi Perdana, baik untuk Prodi Pendidikan Geografi sendiri maupun perdana diantara Prodi-prodi mandat di FKIP Untan.

Kegiatan Visitasi dalam rangka Asesmen Lapangan untuk Akreditasi Program Studi Pendidikan Geografi ini diawali dengan acara pembukaan di Ruang Sidang FKIP Untan yang dibuka oleh Dekan FKIP Dr. Martono, M.Pd dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan oleh para Asesor. Dalam Sambutannya Tim Asesor menyampaikan maksud dan tujuan kedatangnya ke FKIP Untan sekaligus menjelaskan bagaimana teknis pelaksanaan asesmen yang akan dilakukan. Teknis kegiatan Asesmen yang dilakukan pada Prodi Pendidikan Geografi FKIP Untan ini dilakukan dengan sistem “duet asesor”, artinya Asesor melakukan asesmen secara bersama-sama baik asesmen fakultas maupun asesmen Program studi secara bertahap dimulai dengan Asesmen Borang Fakultas terlebih dahulu. Kegiatan pembukaan Akreditasi Prodi Pendidikan Geografi ditutup dengan Pembacaan Do`a oleh Petugas.

Kegiatan Asesmen terhadap Borang Akreditasi Fakultas dilakukan di Laboratorium Prodi Pendidikan Geografi FKIP Untan. Asesmen berlangsung dengan lancar dari pukul 09:00 – 10:00 WIB. Secara umum tidak terdapat permasalahan yang berarti pada asesmen yang dilakukan. Adapun sedikit permasalahan terkait kurangnya beberapa dokumen dapat dilengkapi dan terseleseikan secara baik dan lancar. Setelah asesmen borang akreditasi Fakultas dinyatakan cukup, dilanjutkan dengan asesmen pada Borang Program Studi yang dimulai dari pukul 10:00 hingga 14:00 WIB. Secara umum Borang Akreditasi dan kelengkapan dokumen akreditasi dinyatakan cukup baik dan lengkap. Ada beberapa permasalahan teknis terkait perbedaan antara data pada Sistem Aplikasi SAPTO dengan data Hard Copy yang telah disusun, namun dapat terseleseikan dengan baik.

Kegiatan asesmen selanjutnya yaitu melakukan wawancara dengan para mahasiswa yang diwakili oleh 5 orang mahasiswa pada tiap-tiap angkatan dan wawancara terhadap stekholder yang diwakili oleh 5 orang yang terdiri dari guru dan kepala sekolah selaku calon pengguna lulusan Prodi pendidikan Geografi. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan survey terhadap infrastruktur yang ada di FKIP Untan utamanya infrastruktur pendukung kegiatan pembelajaran di Prodi Pendidikan Geografi. Adapun infrastruktur penunjang yang disurvey antara lain: Ruang Kuliah, Laboratorium, Ruang Jurusan dan Dosen Prodi Pendidikan Geografi, Ruang Baca dan beberapa infrastruktur penunjang lainnya. Setelah dirasa cukup kegiatan visitasi dilanjutkan dengan diskusi internal tim Asesor.

Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah pembahasan BAP sementara dan perbaikan terhadap beberapa poin asesmen kemudian dilanjutkan dengan revisi serta penetapan BAP. Tepat pukul 20:30 WIB kegiatan akreditasi Prodi Pendidikan Geografi ditutup dengan kegiatan seremonial penutupan yang diawali dengan penyampaian pandangan oleh tim asesor dan penyerahan dokumen BAP yang telah ditandatangani oleh tim Asesor kepada Dekan FKIP Untan dan Ketua Program Studi Pendidikan Geografi. Acara ditutup oleh Dekan FKIP Untan dan dilanjutkan dengan foto bersama Tim Asesor, Pejabat Fakultas dan Tim Dosen Prodi pendidikan Geografi. <<Admin>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.