Sambas, 1-5 Desember 2017, Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi angkatan 2015 mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan II di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Kegiatan KKL II ini mengambil tema Pengembangan Sosial dan Ekonomi Wilayah Kalimantan. Mahasiswa dalam kegiatan KKL II ini dibagi kedalam 2 kelompok yang dibimbing masing-masing oleh 1 dosen pembimbing. Kelompok pertama yaitu fokus pada “Pengembangan Wilayah” yang di bimbing oleh bapak LM. Hari Christanto, M.Sc. Kelompok kedua fokus pada “Pengembangan Pariwisata” yang dibimbing Ibu Putri Tipa Anasi, M.Pd.

Kegiatan KKL II Prodi Pendidikan Geografi berlangsung selama 5 hari dengan perjalanan. KKL II merupakan Mata Kuliah wajib Prodi Pendidikan Geografi yang diprogramkan di semester V. Untuk dapat mengikuti Mata Kuliah ini mahasiswa harus sudah menempuh Mata Kuliah KKL I pada semester II. Konsep dari KKL II beda dengan KKL I, dimana konsep yang diterapkan pada KKL II adalah KKL berbasis Proyek. Artinya goals akhir yang dihasilkan dari KKL II ini adalah proyek portofolio berupa konsep perencanaan wilayah.

Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini adalah ekor dari Borneo Island, dimana daerah ini mempunyai potensi yang sangat menarik yaitu potensi wisata Bahari. Namun saat ini wilayah ini belum dikelola secara maksimal. Kondisi jalan yang masih belum baik dan transportasi yang belum memadahi menyebabkan kurangnya wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini. Belum adanya konsep perencanaan yang baik menyebabkan lambatnya perkembangan wilayah di daerah ini.

Melalui kegiatan KKL II ini mahasiswa ditugaskan untuk membuat suatu perencanaan pengembangan wilayah yang berorientasi kepada pertumbuhan ekonomi melalui sektor kepariwisataan yang ada di daerah ini. Konsep perencanaan yang dihasilkan dibuat kedalam sebuah Laporan KKL yang dibuat bersama secara berkelompok. Laporan KLL kemudian dipresentasikan di dalam ruang kelas sebagai nilai Ulangan Akhir Semester. <<Panitia KKL>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.