Unsur Dalam CPL No. Deskripsi CPL
SIKAP 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa.
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri; dan
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan

kewirausahaan.

11. Mampu mengambil keputusan yang tepat/sesuai dengan prinsip pedagogi serta hasil analisis data evaluasi dan refleksi untuk memecahkan masalah pembelajaran biologi di kelas.
12. Memiliki moral, etika, tanggungjawab, kepribadian dan kemandirian yang baik didalam menyelesaikan tugasnya dalam membelajarkan biologi.
13. Memiliki kemandirian dan tanggung jawab dalam menyelesaikan masalah pembelajaran biologi meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi yang menjadi tanggungjawabnya sebagai pendidik biologi maupun sebagai bagian dari organisasi profesi guru.
14. Memiliki kemandirian dan tanggungjawab dalam produk-produk pembelajaran biologi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan biologi.
KETERAMPILAN UMUM 15. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
16. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
17. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atas implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan

nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik.

18. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
19. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks

penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

20. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
21. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
22. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok

kerjayang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu

mengelola pembelajaran secara mandiri.

23. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KETERAMPILAN KHUSUS 24. Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan permasalahan dikelas, laboratorium, dan sekolah . dan lingkungan

masyarakat dan kondisi daerah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dinamis;

25. Mampu menerapkan konsep biologi terkini dan ilmu kependidikan dalam mengembangkan produk-produk pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS untuk mendukung terselenggaranya pembelajaran biologi.
26. Mampu melakukan penelitian untuk memecahkan masalah dibidang pendidikan biologi dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS.
27. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui penelitian ilmiah sesuai dengan kondisi sekolah dan perkembangan peserta didik.
28. Mampu melakukan riset dan mengkomunikasikan secara efektif setiap keputusan terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah dibidang pendidikan biologi.
29. Mampu mengambil keputusan yang tepat/sesuai dengan prinsip pedagogi serta hasil analisis data evaluasi dan refleksi untuk memecahkan masalah pembelajaran biologi di kelas.
30. Menguasai keterampilan kerja dan kemampuan managerial pengelolaan laboratorium sekolah (lab biologi) dengan memanfaatkan IPTEKS.
31. Mampu mengambil keputusan penyelesaian masalah pembelajaran biologi dengan menghasilkan produk-produk pendidikan biologi dengan mempertimbangkan kurikulum dan kondisi peserta didik;
32. Mampu mengembangkan produk-produk hasil pembelajaran;
33. Menguasai kemampuan pedagogical content knowledge (PCK);
34. Mampu Mengkaji teori, konsep, prinsip, praktek kependidikan, dan pembelajaran serta karakteristik perkembangan peserta didik;
35. Mampu berpartisipasi aktif membangun masyarakat indonesia yang demokratis dengan berlandas pada nilai dan budaya demokrasi yang bersumber pada pancasila dan UUD 1945.
36. Mampu menyusun karya ilmiah sederhana (Tugas-tugas) dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
PENGETAHUAN 37. Menguasai prinsip biologi dan terapannya untuk sekolah menengah.
38. Menguasai model, metode, pendekatan, media, evaluasi/asesmen pembelajaran dibidang biologi untuk mendukung pembelajaran biologi di sekolah menengah.
39. Menguasai kurikulum dan strategi implementasinya.
40. Mampu menguasai strategi pembelajaran pada daerah perbatasan dan terpencil.
41. Mampu menguasai konsep biologi yang berbasis kekhasan

lingkungan local.

42. Menguasai teori dan konsep dasar ilmu kependidikan, berbagai teori belajar dan prinsip pembelajaran, dan teori keahlian bidang kependidikan.
43. Menguasai cara berpikir, cara bersikap dan cara berperilaku yang mendukung ketahanan nasional serta mampu menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan zaman serta kemajuan bangsa berdasarkan UUD 1945.
44. Menguasai penggunaan dengan baik dan benar secara tertulis dan lisan.
45. Mampu memahami konsep dasar matematika, fisika, kimia dan kaitannya dibidang biologi.
46. Mampu memformulasikan penyelesaian masalah sesuai procedural.