Pendidikan Matematika

Program Studi (PS)

: Pendidikan Matematika (S2)

Fakultas

: Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas

: Universitas Tanjungpura

No SK Izin Operasional

: 214/D/O/2010

Tgl SK Izin Operasional

: 15 Desember 2010

Alamat PS

: Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi Pontianak Kalbar

Nomor Telpon PS

: (0561) 740144

Nomor Faksimili PS

: (0561) 740144

 

Pengelola

 

Ketua

: Dr. Sugiatno

Sekretaris

: Dr. Agung Hartoyo

Bid. Akademik & Kemahasiswaan

: Dr. Dede Suratman

Staf Prodi

: Yogi Rianto

Visi

Pada Tahun 2026, Program Studi Pendidikan Matematika Jenjang S-2 menjadi program studi yang dapat bekerja sama tingkat wilayah dan nasional dalam berbagai bentuk academic expose, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta kegiatan akademik penunjang

Misi

    Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menyiapkan tenaga pendidik dan kependidikan berkualifikasi magister dalam bidang Pendidikan Matematika yang kreatif, inovatif dan berorientasi pada masa datang, serta berkompeten dalam pembelajaran matematika.
    Melaksanakan penelitian yang kreatif dan inovatif untuk pengembangan Pendidikan Matematika dengan memperhatikan dan memberdayakan potensi- potensi masyarakat.
    Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional sebagai penjabaran dan wujud sumbangsih Program Magister Pendidikan Matematika Untan terhadap masyarakat di sekitarnya.
    Mengembangkan jejaring kemitraan dengan para alumni, stakeholder / pengguna, perguruan tinggi, dan lembaga-lembaga lain untuk memantapkan optimalisasi fungsi dan peran Program Magister Pendidikan Matematika Untan.
    Melestarikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai akademik, moral, dan etika, serta budaya dan keluhuran bangsa untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

1. Menghasilkan lulusan berkualifikasi magister bidang Pendidikan Matematika yang memiliki kemampuan:

    menyelesaikan masalah pembelajaran matematika; dan mampu melakukan tugas-tugas kepengawasan akademik secara profesional
    mengembangkan kurikulum Pendidikan Matematika, berkompeten dalam pembelajaran dan evaluasi sejalan dengan kebutuhan dan perkembangan serta akomodatif terhadap potensi budaya lokal, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan hasil-hasil penelitian mutakhir tingkat nasional maupun internasional
    mengembangkan media pembelajaran berbasis potensi dan budaya lokal serta/atau Information and Communication Technologies;
2. Menghasilkan karya penelitian dalam pendidikan dan pembelajaran matematika dan publikasi ilmiah pada jurnal-jurnal minimal bertaraf nasional.
3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Matematika atau bidang lain yang relevan dengan pengembangan perilaku kecendekiawanan yang berbasis pada hasil penelitian dan berguna bagi pengembangan ilmu dan pembelajaran serta memberi manfaat secara luas kepada masyarakat.
4. Menjalin kerjasama yang sinergis dengan berbagai pihak dan instansi atau lembaga mitra, baik lokal, nasional, regional, maupun global untuk memajukan Pendidikan Matematika.

 Dr. Sugiatno
 Dr. Rif’at
 Dr. Dede Suratman
 Dr. Yulis Jamiah
 Dr. Ahmad Yani
 Dr. Edy Tandililing
 Dr. Bistari BSY
 Dr. Hamdani
 Dr. Agung Hartoyo

Link Prodi:

File Izin dan Akreditasi