Pendidikan Bahasa Indonesia

Izin penyelenggaraan berdasarkan SK Rektor Untan No. 3329/D/T/K-N/2010 Tgl. 11 Agustus 2010 dan Peringkat Nilai Akreditasi C No. 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013 tanggal 10 Januari 2013.

Visi

Pada tahun 2020 menjadi lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang unggul, berkompeten, dan visibel dalam menghasilkan tenaga pendidik dan peneliti di bidang ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki reputasi di tingkat nasional dan regional dengan berpedoman pada prinsip dan nilai-nilai luhur bangsa.

Misi

  1. Melaksanakan dan menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi sebagai berikut :
    • Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas dalam upaya menghasilkan pendidik yang profesional dalam menstranfer ilmu kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas pula, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
    • Melaksanakan penelitian dalam upaya menghasilkan penelitian di bidang kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang bermutu.
    • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan kebahasaan, pembinaan dan pengembangan bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di masyarakat.
  2. Menciptakan tenaga pendidik yang profesional, menguasai ilmu kependidikan, berintegritas tinggi, dan menguasai IPTEKS.
  3. Membangun sistem manajemen program studi dan menjadikan prodi sebagai pusat informasi kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efisien, efektif, akuntabel dan transparan untuk menjamin mutu berkelanjutan.

  1. Menghasilkan lulusan sebagai pendidik yang
    • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkhlak mulia, memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan kompetensi sosial yang tinggi.
    • Kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran di bidang kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
    • Memiliki keunggulan di tingkat nasional, regional, dan internasional dalam menerapkan metode, teknik, dan media pembelajaran
    • Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan pengetahuan di bidang bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia sebagai upaya memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi masalah pendidikan nasional, khususnya masalah pendidikan bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
  2. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berorientasi pada kemanfaatan bagi masyarakat sebagai upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh bangsa dan negara.
  3. Memberikan pengabdian atau pelayanan optimal kepada masyarakat dengan mengerahkan segenap kemampuan dan sumberdaya yang dimiliki di bidang bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang diorientasikan untuk kesejahteraan masyarakat
  4. Mengoptimalkan kinerja tenaga kependidikan melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi pelayanan yang prima kepada mahasiswa.
  5. Merencanakan, dan melaksanakan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan, penelitian, kemasyarakatan, dan pemerintah di bidang pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

  1. Prof. Dr. H. Chairil Effendi, M.S.
  2. Dr. Aswandi
  3. Dr. H. Martono, M.Pd
  4. Dr. Christanto Syam, M.Pd.
  5. Dr. Ahadi Sulissusiawan, M.Pd.
  6. Dr. H.M. Rif’at Hamdy, M.Pd.
  7. Dr. Ahmad Yani T.,M.Pd.
  8. Dr. A. Totok Priyadi, M. Pd.
  9. Dr. Sisilya Saman, M. Pd.
  10. Dr. Patriantoro, M.Hum
  11. Dr. Laurensius Salem, M.Pd.
  12. Dr. Agus Wartiningsih, M.Pd.
  13. Dr. Paternus Hanye, M.Pd.
  14. Dr. Sesilia Seli, M.Pd.
  15. Dr. Aloysius Mering