Strategi Jurnal PMIPA Menuju Sinta 2

Pada 5 Juli 2019, Jurnal PMIPA, FKIP Universitas Tanjungpura menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertemakan Strategi Jurnal PMIPA menuju SINTA 2. Kegiatan ini diselenggarakan selama satu hari di Ruang Sidang FKIP Untan. Pelaksana kegiatan diketuai adalah ketua editor jurnal PMIPA, Dr Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, M.Si. Pelaksanaan pendampingan /workshop diikuti oleh editor Jurnal PMIPA, reviewer internal Jurnal PMIPA dan ketua editor Jurnal di lingkungan FKIP Universitas Tanjungpura. Kegiatan PKM dibuka oleh Dekan FKIP UNTAN, Dr. H. Martono, M.Pd . Pemateri yang di undang dalam kegiatan yakni Dr. Arif Bijaksana Putra Negara

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini, yakni meningkatkan kualitas jurnal serta memberikan wawasan pengelolaan jurnal yang berkualitas pada jurnal. Adapun mekanisme kegiatan yang dilaksanakan adalah 1) pemberian materi, 2) diskusi dalam bentuk tanya jawab dan 3) praktik langsung OJS. Materi yang diberikan berupa hal-hal yang berhubungan dengan pengelolaan jurnal dan penilaian evalusi di ARJUNA.

Dilakukannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan informasi mengenai pengelolaan jurnal secara online journal system (OJS) bagi editor dan reviewer internal jurnal PMIPA maupun ketua editor jurnal di lingkungan FKIP UNTAN. Adanya informasi tersebut diharapkan meningkatkan kualitas proses penelaahan review secara online journal system (OJS). Hal ini akan berdampak meningkatnya akreditasi jurnal PMIPA menuju SINTA 2.