Standar Penelitian dan PKM serta Roadmap Penelitian

Meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu misi FKIP Untan. FKIP Untan menyelenggarakan tridarma Perguruan Tinggi yang berkualitas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam ketentuan umum Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen disebutkan  bahwa dosen adalah pendidik profesiopnal dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Untuk mengetahui peningkatan kualitas maupun kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diperlukan adanya standar tertentu sebagai patokan atau pijakan evaluasi maupun pengembangan lebih lanjut. Dengan pertimbangan hal tersebut, maka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura menetapkan standar penelitian dan pengabdian pada masayarakat yang akan menjadi tolok ukur bagi pimpinan di FKIP Untan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, dosen, dan mahasiswa, kesemuanya bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas  dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Roadmap Penelitian Fakultas merupakan implementasi dari roadmap tingkat universitas, yang berisi payung-payung penelitian yang menjadi unggulan. Payung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini akan melibatkan seluruh Program Studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Oleh karena beragamnya kegiatan penelitian di tingkat program studi, maka Roadmap Fakultas ini disusun dengan mempertimbangkan keberagaman tersebut dan sinergi antar disiplin ilmu. Sementara kegiatan penelitian dan pengabdian di prodi yang tidak tertampung di dalam roadmap tetap dilaksanakan sesuai dengan road map prodi yang bersangkutan.

Roadmap penelitian disusun berdasarkan hasil diskusi dan analisa  penelitian-penelitian dosen Program Studi selama 3 (tiga) tahun terakhir (2015 – 2017). Mengidentifikasi penelitian-penelitian yang telah dijalankan sebelumnya, yang sedang dijalankan, beserta output atau produknya. Roadmap penelitian disosialisasikan, baik internal prodi, antar prodi, dan Fakultas untuk membuka jalan bagi sinkronisasi dan integrasi antar roadmap prodi. Roadmap penelitian ini diharapkan mampu menurunkan atau bersinergi dengan roadmap pengabdian kepada masyarakat.  

Standar Penelitian dan PKM serta Roadmap Penelitian FKIP Untan selengkapnya dapat dilihat pada link ini.