Pedoman Penulisan Karya Ilmiah FKIP UNTAN 2019

Revisi Pedoman Penulisan Karya Ilmiah ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan yang dirasakan oleh civitas academika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura seiring dengan perubahan dinamika penulisan karya ilmiah. Pedoman ini terdiri atas Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, Artikel, Makalah dan Laporan Penelitian. Pedoman ini terutama dimaksudkan bagi penulisan skripsi dan tesis yang dilakukan oleh mahasiswa Program Sarjana dan Pascasarjana yang ada di lingkungan FKIP Untan.

Pada edisi kesembilan ini terdapat beberapa penambahan yang mendasar dalam struktur tata tulis ilmiah FKIP UNTAN antara lain: penggunakan struktur penulisan kutipan, pustaka, tabel dan gambar yang secara keseluruhan mengadopsi pada American Psychological Association (APA) edisi ke 6. Disamping itu, terdapat beberapa hal yang dirubah pada sistematika dasar pada masing-masing jenis penelitian. Meskipun demikian, secara umum struktur isi pada edisi ke sembilan ini relatif sama dengan edisi sebelumnya. 

Ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada semua pihak yang tidak  dapat  kami  sebutkan  satu  persatu, yang  telah  membantu  penyelesaian penyusunan pedoman ini, dengan harapan dapat  bermanfaat bagi keseragaman penulisan karya ilmiah di FKIP Untan.  

Berbagai upaya telah dilakukan untuk perbaikan pedoman penulisan karya ilmiah ini, namun tidak menutup kemungkinan masih terdapat kekurangan maupun kekeliruan. Oleh karena itu, saran dan masukan sangat dibutuhkan untuk perbaikan pedoman ini pada edisi berikutnya. Akhirnya, semoga pedoman ini dapat bermanfaat terutama bagi civitas academika di lingkungan FKIP Untan.  

Pontianak, November 2019 

Dekan

Dr. H. Martono, M.Pd.  

 

DOWNLOAD: Pedoman Penulisan Karya Ilmiah FKIP UNTAN 2019