Mengembangkan HOTS melalui Pembelajaran Fisika

Kegiatan PKM program studi pendidikan Fisika bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan calon guru fisika untuk menyusun perangkat pembelajaran berbasis HOTS. Program PKM ini dilaksanakan dengan melakukan alih pengetahuan dan teknologi dari perguruan tinggi pada guru � guru dan calon guru fisika di kota pontianak dan sekitarnya. Pada masa pandemic covid 2019, pertemuan untuk melakukan kegiatan adalah dalam bentuk zoom. Pemilihan dan penetapan sasaran pelatihan ini mempunyai pertimbangan rasional-strategis dalam kaitannya dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah dan dalam upaya menjaga keterlaksanaan protokol kesehatan. Berikut ini diberikan gambar1 yang memuat link webinar yang disosialisasikan pada peserta terkait pelaksanaan PKM.

Kegiatan webinar ini diikuti oleh 197 peserta yang terdiri dari guru fisika, calon guru fisika dan dosen dari pendidikan fisika. Adapun daerah asal para guru peserta yang terlibat berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Barat karena sosialisasi kegiatan yang dilakukan secara daring pada berbagai group termasuk para alumni.

Kegiatan PKM dimulai dengan kata sambutan oleh ketua program studi yang dilanjutkan dengan penyajian materi. Terdapat empat (4) dosen sebagai pemateri dalam kegiatan meliputi konsep HOTS, Metakognitif sebagai bagian dari HOTS, cara penyusunan soal HOTS, dan cara penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis HOTS. Peserta yang terlibat sangat antusias yang terlihat dari aktivitas peserta dalam mengajukan pertanyaan selama kegiatan webinar berlangsung.