Kegiatan PKM Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan mengusung tema:

PELATIHAN PEMBUATAN MODEL PEMBELAJARAN DAN EVALUASI BERBASIS WEB BAGI DOSEN DAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN FKIP UNTAN PONTIANAK

Pandemi virus corona masih terus menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia. Wabah ini masih terus berlangsung dan belum dapat diprediksi kapan akan berakhir. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengerem laju penyeberan melalui himbauan dirumah saja, PSBB, hingga karantina wilayah yang dilakukan secara mandiri di beberapa daerah.  Dampak dari kebijakan ini tentu saja berpengaruh juga dalam dunia pendidikan dari mulai  sekolah dasar hingga perguruan tinggi. 

Universitas Tanjungpura Pontianak adalah salah satu perguruan tinggi yang terdampak terhadap penyebaran covid19, Rektor mengambil kebijakan untuk dosen dan mahasiswa untuk bekerja dan belajar dari rumah. Semua kegiatan perkuliahan maupun administrasi dilaksanakan secara daring (online), kecuali kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan secara online akan tetap dilaksanakan dengan protokol ketat atau dilakukan setelah pandemi berakhir dan keadaan kembali kondusif. 

Kebijakan Rektor Untan tersebut memicu dosen untuk kreatif membuat pembelajaran secara online dengan menggunakan berbagai media pembelajaran dan teknologi informasi dan komunikasi untuk membuat kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung. Tak terkecuali Prodi pendidikan seni pertunjukan pada kondisi seperti ini juga berupaya bagaimana agar pembelajaran tetap berlangsung tanpa harus membahayakan siapapun. Salah satu upaya adalah dengan mengadakan pelatihan bagi dosen dan mahasiswa dalam membuat Program Evaluasi  dengan System Bank Soal Uji Kompetensi (SIBUK) berbasis web dan berjalan di lokalhost secara offline dan pelaksanaan ujian menggunakan aplikasi google formulir. Selain itu juga menggalakkan pembelajaran berbasis e-learning untuk mahasiswa dan dosen melalui pelatihan yang juga dilaksanakan secara daring.  

Untuk itu Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. PKM tersebut dikemas dalam bentuk Pelatihan Pembuatan Model Pembelajaran dan Evaluasi berbasis Web bagi Dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untan Pontianak. Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif perkuliahan daring selama masa pandemi covid19 di Prodi Pendidikan Seni khususnya dan Seluruh civitas akademika Untan pada umumnya.

Semua dosen Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP UNTAN yang ada pada program studi ini diwajibkan untuk menggunakan produk E-Learning dan google form pada setiap mata kuliah yang diajarkan. Dari proses kegiatan PKM yang dilakukan, bapak ibu dosen sudah memulai dengan membuka akun produk E-Learning produk google form (email instansi) dosen masing-masing dengan menggunakan user SIAKAD yang telah dibuat oleh tim IT Untan.  Adapun proses selama kegiatan berlangsung pemandu teknis dan dosen saling bekerjasama untuk bisa menggunakan produk E-Learning Untan dan Google form yakni :

  1. Pengenalan produk E-Learning oleh tim pemandu teknis, yang memaparkan apa dan bagaimana menjalankan E-Learning Untan.
  2. Login E-Learning Untan, bapak ibu dosen berhasil login pada setiap akun E-Learning masing-masing dan berhasil mengaktifkan mata kuliah yang akan menggunakan E-Learning Untan tersebut.
  3. Bapak ibu dosen peserta workshop berhasil membuat  kelas, mengundang mahasiswa, Input RPS, bahan ajar serta pembuatan soal, quis, diskusi dll pada laman yang ada pada akun E-Learning masing-masing dosen
  4. Proses awal penggunaan goole form hingga pada teknis share link ke responden yakni pada dosen dan mahasiswa

Dari semua proses tersebut tim pemandu teknis dan dosen yang membantu untuk produk E-learning dan google form tersebut hingga lebih baik. Selain itu pihak tim pemandu teknis juga memberikan gambaran tentang bahan ajar yang baik itu seperti apa untuk dapat diupload pada E-Learning. Untuk penyempurnaan masing-masing mata kuliah yang menggunakan E-Learning dan goole form, tim pemandu teknis juga memberikan arahan agar setelah ini aka nada sosialisasi bagi mahasiswa. Hinnga diakhir kegiatan PKM ditutup dengan diskusi dan evaluasi agar lebih baik. Sehingga dalam pengerjaan perkuliahan dengan E-Learning kedepannya tidak akan ada kendala lagi.