UP4I

A. SELAYANG PANDANG

a.  Sejarah 
UP4I (Unit Penelitian Pengembangan Penerbitan dan Publikasi Ilmiah) secara resmi berdiri sejak tanggal 1 Maret 2012 berdasarkan SK Dekan FKIP Untan No. 501/UN22.6/DT/2012. Edaran Dirjen Dikti Nomor 152/E/T/2012 perihal publikasi karya ilmiah untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 sebagai syarat kelulusan yang berlaku mulai Agustus 2012 terus bergulir. Jika kita simak secara cermat penolakan beberapa perguruan tinggi terhadap edaran Dirjen Dikti ini lebih banyak disebabkan karena ketidaksiapan perguruan tinggi untuk menerapkan publikasi ilmiah dalam jurnal sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa.
Beberapa alasan yang sangat kuat yang disampaikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk tetap teguh dan akan menerapkan agenda ini adalah salah satu upaya untuk memacu daya saing bangsa ditengah persaingan global yang semakin ketat. Dalam pidato sambutan Pembukaan Rembug Nasional Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang dihadiri lebih dari 1000 komponen pendidikan dan kebudayaan se Indonesia di Sawangan Depok Jawa Barat tanggal 26 Februari 2012 yang lalu, Menteri Pendidikan Prof M. Nuh mengungkapkan tetap akan menerapkan kebijakan ini pada tahun 2012, walaupun banyak dari berbagai kalangan menolak penerapan edaran Dirjen Dikti ini. 
Memperhatikan kondisi di atas, pada pidato wisuda sarjana dan pascasarjana Untan yang diselenggarakan tanggal 29 Maret 2012, rektor mengungkapkan bahwa Untan menyambut baik penulisan artikel penelitian dimaksud. Bahkan, Untan mempersiapkan diri untuk menerapkannya sejak Bulan Agustus 2012. Untuk itu, jajaran civitas akademik FKIP Untan perlu mempersiapkan diri menyambut hal tersebut. 
b. Tupoksi
UP4I secara langsung bertanggungjawab kepada Dekan FKIP Untan dengan beberapa tugas, antara lain:

  1. Menghimpun hasil artikel penelitian mahasiswa S1 dan S2 di lingkungan FKIP Untan,
  2. Mengadakan workshop penulisan artikel penelitian,
  3. Menentukan kelayakan artikel e-journal menurut gaya selingkung UP4I,
  4. Melakukan penerbitan berupa jurnal/buku,
  5. Memfasilitasi publikasi ilmiah di lingkungan FKIP Untan maupun di luar FKIP Untan,
  6. Membuat kerjasama dengan instansi dinas pendidikan dan jajarannya
B. PROFIL ANGGOTA

1. Ketua UP4I : Dwi Riyanti, S.Pd., M.A., Ph.d
2. Wakil ketua UP4I            : Jagad Aditya Dewantara, M.Pd
3. Staf OJS 1                        : Hemry Yansa, S.Pd., M.Si
4. Staf OJS 2                        : Malisa Chorina, S.Pd

C. LAYANAN UP4i

Secara teknis, setiap mahaisiswa FKIP wajib ke UP4i untuk mendapatkan Surat Keterangan (Suket) Publikasi. Surat ini akan digunakan sebagai syarat pendaftaran Wisuda dan Pencetakkan ijazah.Cara mendapatkan Suket publikasi bisa melalui mekanisme Letter of Acceptance (LoA) dari jurnal lain dan dengan mengikuti prosedur publikasi di Repository FKIP. LoA atau surat penerimaan naskah artikel dari jurnal lain digunakan apabila mahasiswa melakukan publikasikan di luar Jurnal Pendidikan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) FKIP sebagai Jurnal repository mahasiswa FKIP Untan. Mahasiswa yang memilih melakukan publikasi naskah artikel melalui JPPK (Prosedur Repository FKiP) harus melewati beberapa tahapan. (bagan terlampir)
Suket Sementara adalah surat keterangan yang merupakan salah satu akses kemudahan yang di berikan oleh UP4i apabila mahasiswa telah menyelesaikan ujian skripsi namun terkendala pada persyaratan admnistrasi lainnya. Dengan kata lain, Suket sementara adalah mekanisme menggugurkan syarat Suket publikasi untuk pendaftaran Wisuda, namun tidak berlaku jika dijadikan syarat pengambilan Ijazah. Jika mahasiswa menggunakan mekanisme Suket sementara, selanjutnya bersangkutan wajib meneruskan prosedur lainnya untuk mendapatkan Suket Publikasi. Intinya terdapat tiga prosedur agar mahasiswa dapat terbantu dalam pengurusan administrasi di UP4i; Suket Publikasi dan LoA berlaku untuk pengurusan syarat wisuda dan pengambilan ijazah, sedangkan Suket sementara hanya berlaku untuk pendaftaran wisuda saja.

D. LINK LAYANAN

Silahkan akses link yang tersedia untuk layanan yang and perlukan!
1. Untuk Mendapatkan Suket sementara

SUKET SEMENTARA

Silakan Ketik Nama, NIM, Prodi sertakan artikelnya

http://bit.ly/SuketSementaraUP4I

silahkan konfirmasi kembali setelah selesai mengisi.. 

SYARAT KONSULTASI:

#Mohon bersabar Menunggu untuk progres Antrean* 

2. Untuk Mendapatkan Suket Publikasi

Lampirkan:

1. File artikel wajib diberi Nama dan Nim lengkap agar petugas tidak salah memilih file.

2. S1(cek plagiasi max 25%, tanda tangan halaman pengesahan (bisa digantikan dengan screenshot bukti persetujuan pembimbing melalui wa dan email)

3. S2 Cek plagiasi max 25%, LoA dari jurnal terindeks DOAJ, Jurnal terakreditasi atau Jurnal/Prosiding  bereputasi internasional, Berita acara ujian tesis)

Cek Plagiasi:

https://plagiarismcheckerx.com/?gclid=Cj0KCQjwpfHzBRCiARIsAHHzyZoiqOHx6Zv65jpSkPX1XLq53i4qQpB5jo9gFqCv3KxDQoyPaawe3uIaAkVzEALw_wcB

atau SST: https://smallseotools.com/

3. Konsultasi artikel dengan wakil ketua UP4I (Jagad Aditya Dewantara, M. Pd) melalui google classroom.

Link google classroom : passwrd; cfcgeek (kadang berubah..silahkan hubungi operator OJS jika ada kendala)

Syarat konsultasi dan artikel diupload di google classroom, dan akan di review oleh Teacher GC sesuai jam kerja.

SYARAT UPLOAD:

Waktu Pelayanan Senin-Jum,at : 09.30-14.00

1. File artkel (pdf, filenya wajib dberi nama dan prodi, serta halaman pengesahan dipisah dari halaman isi artikel), jangan dijadikan file zip or rar.

2. Tanda tangan halaman pengesahan-skripsi atau tesis.

3. Bukti ACC UP4i

4. Bukti cek plagiasi (bisa menggunakan ini-Aplikasi PCX : https://bit.ly/pcx2xsaO4N- cek perbagian artikel)

5. Sertifikat Workshop

6. Tuliskan: Nama, NIM, No.HP dan Prodi (contoh penulisan; Hemri Yansa, F23232345, 081253684719, Pend. Sosiologi)

Seluruh berkas syarat upload, silakan diunggah ke link berikut ini:

http://bit.ly/verifikasiUPLOADARTIKELUP4IS1S2

(setelah selesai unggah syarat, konfirmasi kembali ke Staf UP4i ya..)             

 

Pengarsipan:

Pengarsipan dilakukan mandiri melalui: http://bit.ly/ArsipSuketPublikasi

Setelah mendapatkan Suket Publikasi, silahkan Lanjut ke poin 4 dan 5 pada Pengurusan Surat Keterangan Publikasi Online (draft) . Untuk poin 5, Silakan upload/unggah arsip surat/berkas ke link/tautan yang sudah diberikan setelah berkas tersebut dicap sebagai bentuk arsip pribadi. Surat ini sangat penting karena berkaitan dengan pengurusan ijazah anda. Apabila di kemudian hari surat ini diperlukan dan arsip tidak tersedia pada link arsip, maka risiko ditanggung sendiri. Hal ini dikarenakan ID author yang terekam pada OpenJournalSystem tidak bisa menggandakan artikel.

Selanjutnya Surat berstatus Legal dan sah untuk melanjutkan ke tahap pendaftaran yudisium/wisuda dan pencairan ijazah. 

3. Untuk Mendapatkan layanan LOA apabila artikel mahasiswa telah tersubmit, tetapi BELUM di Publish oleh jurnal tujuan.

Penggunakan LOA-dari jurnal lain:

http://bit.ly/verifikasiLoAuploadArtikelS1S2

(setelah selesai Unggah syarat, konfirmasi kembali ke Staf UP4i ya.. )

                Persiapkan data berupa: Nama, NIM, Tempat/Tanggal Lahir. Tanggal Lulus, Masa Studi, Umur saat Ujian, Jurusan, Prodi,  Alamat KTP/terbaru lengkap dengan Kec dan Kab, IPK, No. HP

Pengarsipan:

Pengarsipan dilakukan mandiri melalui: http://bit.ly/ArsipSuketPublikasi

Setelah mendapatkan Suket Publikasi, silahkan Lanjut ke poin 4 dan 5 pada Pengurusan Surat Keterangan Publikasi Online (draft) . Untuk poin 5, Silakan upload/unggah arsip surat/berkas ke link/tautan yang sudah diberikan setelah berkas tersebut dicap sebagai bentuk arsip pribadi. Surat ini sangat penting karena berkaitan dengan pengurusan ijazah anda. Apabila di kemudian hari surat ini diperlukan dan arsip tidak tersedia pada link arsip, maka risiko ditanggung sendiri. Hal ini dikarenakan ID author yang terekam pada OpenJournalSystem tidak bisa menggandakan artikel.

Selanjutnya Surat berstatus Legal dan sah untuk melanjutkan ke tahap pendaftaran yudisium/wisuda dan pencairan ijazah.  

4. Layanan Suket Publikasi di Luar JPPK (jurnal Repository). Apabila artikel mahasiswa telah tersubmit dan terbit oleh jurnal tujuan.
 
E. REFERENSI

1. Link Layanan Teori Sistematika Penulisan Artikel Ilmiah
2. Link Etika Menulis, dan Jenis Plagiarisme
3. Link Analisis Artikel
4. Mendeley
5. Link template artikel JPPK 2021 
(Template Terlampir)
6. Cek Plagiarism
 
F. BANTUAN LAYANAN

Untuk mendapatkan informasi yang sesuai, silahkan menghubungi kontak person di bawah ini pada jam kerja:
Hemry 081253684719
Malisa 083125507573
email: up4i@fkip.untan.ac.id