Sejarah Singkat

Sejarah berdirinya FKIP Untan berawal dari berdirinya IKIP Swasta yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kalimantan Barat pada tanggal 25 November 1964. Pada saat itu fakta menunjukkan bahwa Kalimantan Barat membutuhkan guru yang dirasakan kurang, dan kebutuhan ini sangat mendesak. Untuk mendatangkan guru dari pulau Jawa khususnya menimbulkan persoalan yang berkaitan dengan perumahan guru. Di lain pihak banyak siswa lulusan SLTA (khususnya SPG dan SMA) saat itu tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke pulau Jawa, karena ketidakmampuan orang tua membiayai pendidikan mereka.

Fakta yang ada tersebut mendorong para tokoh pendidik di Kalimantan Barat untuk mencari penyelesaiannya. Hal ini mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah Kalimantan Barat. Dalam usaha mendirikan IKIP Swasta ini, PGRI Cabang Kalimantan Barat berperan cukup besar, di samping lembaga resmi seperti Pemerintah Daerah dan Departemen P dan K terdiri dari Departemen Pendidikan Dasar dan Kebudayaan dan Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pendidikan (PTIP). Usaha-usaha tersebut ditujukan untuk:
1. Mendidik calon Guru SLTP dan SLTA pada tingkat Universitas di daerah.
2. Menampung hasrat masyarakat yang terdiri dari siswa-siswi tamatan SLTA dan guru untuk melanjutkan pendidikannya.

Gubernur Kalimantan Barat J.C. Oevaang Oeray merealisasikan berdirinya IKIP di Pontianak yang dibiayai Pemerintah Daerah dengan SK No. 83/Sek-TU/64 tanggal 25 November 1964, dengan pimpinan dipercayakan kepada Drs. Wan Usman. Atas usaha Pimpinan (Drs. Wan Usman), IKIP Swasta tersebut menjadi IKIP Bandung Cabang Pontianak, dan statusnya berubah menjadi IKIP Negeri, dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 75/1965, tanggal 30 April 1965, IKIP Negeri ini tidak berdiri sendiri, tetapi sebagai filial IKIP Bandung, artinya dibina oleh IKIP Bandung.

Untuk melaksanakan tugas-tugas pada IKIP Bandung Cabang Pontianak, Rektor IKIP Bandung mengajukan usul staf pengelola, dan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 8008/Sekret/BUP/65 tanggal 28 September 1965, tercatat staf pimpinan IKIP Bandung Cabang Pontianak sebagai berikut:
1. Dekan Koordinator        : Drs. Wan Usman
2. Pembantu Dekan Koord I    : Drs. Hadari Nawawi
3. Pembantu Dekan Koord II    : Drs. Abussuni Abubakar
4. Pembantu Dekan Koord III    : S. Masyhor Almutahar, SH

Pada saat berdirinya IKIP Bandung Cabang Pontianak terdiri dari 3 (tiga) Fakultas dengan 4 (empat) Jurusan, yaitu:
1. Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE)
   - Jurusan Ilmu Pasti
2. Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS)
   - Jurusan Ekonomi Umum
   - Jurusan Ekonomi Perusahaan
3. Fakultas Keguruan Sastra Seni (FKSS)
   - Jurusan Bahasa Inggris

Seiring dengan laju perkembangan lulusan SLTA, dan untuk menampung calon mahasiswa lainnya yang berasal dari SPG dan SGA dipandang perlu untuk mendirikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dalam mempersiapkan tenaga kependidikan. Oleh karena itu dimulailah usaha merintis berdirinya FIP tahun 1966 yang diwujudkan dengan keluarnya SK Gubernur Kepala Daerah Kalimantan Barat (sebagai Ketua Badan Pembina), Nomor: 1/BP/IKIP/67, tanggal 15 Januari 1967, tentang berdirinya FIP dengan Jurusan Ilmu Pendidikan Umum. Sebagai Dekan pertama FIP adalah Drs. Hadari Nawawi.

Penggabungan dua Departemen (Dep. Pendidikan Dasar dan Kebudayaan serta Dep. Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) menjadi satu (Dep. Pendidikan dan Kebudayaan) membawa aspirasi bagu bagi pembinaan dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 161/1967 tanggal 16 Desember 1967 tentang pengintegrasian IKIP Cabang di seluruh Indonesia ke dalam Universitas setempat (Menteri P dan K saat itu adalah Mashuri, SH). Berdasarkan SK tersebut, pada tahun 1969 IKIP Bandung Cabang Pontianak diintegrasikan ke dalam lingkungan Universitas Tanjungpura (Untan).
Setelah berintegrasi dengan Universitas Tanjungpura, IKIP Bandung Cabang Pontianak menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan (FKG) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Fakultas Keguruan terdiri dari lima jurusan, yaitu:
1. Jurusan Matematika,
2. Jurusan Ekonomi Umum,
3. Jurusan Ekonomi Perusahaan,
4. Jurusan Bahasa Inggris,
5. Jurusan Bahasa Indonesia.

Dan Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari dua Jurusan, yaitu:
1. Jurusan Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Ad. Sup.),
2. Jurusan Didaktik dan Kurikulum (DK)

Sebagai Dekan FKG adalah Sy. Mashor Almutahar, SH. Dengan Sekretaris Drs. Syahroen Alan, dan Dekan FIP adalah Drs. Hadari Nawawi dengan Sekretaris Drs. Jawadi Hasid.

Sejak tahun 1979 hingga 1981, staf pimpinan pada FIP adalah:
1. Dekan        : Drs. Jawadi Hasid
2. Pembantu Dekan I    : Drs. Mursinah Noor
3. Pembantu Dekan II    : Drs. Siswatmadja DS.

Susunan staf pimpinan pada FKG adalah:
1. Dekan        : Drs. Syahroen Alan
2. Pembantu Dekan I    : Dra. Suryati B. Azharie
3. Pembantu Dekan II    : Dra. Masrikah Djawari

Komposisi staf pimpinan FIP dan FKG periode 1981-1983 mengalami perubahan, karena dibentuknya jabatan Pembantu Dekan III.
Perkembangan sistem pendidikan tinggi di Indonesia mengakibatkan bergabungnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi satu pada tahun 1983, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Selanjutnya terbit SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 20418/C/1983 tanggal 4 Maret 1983 tentang berakhirnya masa jabatan para Dekan di lingkungan Universitas Tanjungpura, a.l. Drs. Syahroen Alan sebagai Dekan FKG, dan Drs. Jawadi Hasid sebagai Dekan FIP, sekaligus mengangkat Dra. Mursinah Noor sebagai Dekan FKIP Untan. Hal ini merupakan awal sejarah keberadaan FKIP di lingkungan Universitas Tanjungpura.

Staf Pimpinan FKIP periode 1983-1986 adalah
Dekan            : Dra. Hj. Mursinah Noor
Pembantu Dekan I    : Drs. Mahdi Radji`in
Pembantu Dekan II    : Drs. Yoseph Thomas
Pembantu Dekan III    : Drs. Siswatmaja DS.
Selanjutnya Dekan FKIP Untan berturut-turut adalah sbb:
Periode tahun 1986-1989 : Sy. Mashor Almutahar, SH.
Periode tahun 1989-1992 : Drs. Mahdi Radji`in
Periode tahun 1992-1995 : Drs. Mahdi Radji`in
Periode tahun 1995-1998 : Prof. Dr. H. Jawadi Hasid
Periode tahun 1998-2001 : Prof. Dr. H. Jawadi Hasid
Periode tahun 2001-2004 : Drs. Sugiatno, M.Pd
Periode tahun 2005-2006 : Dr. H. Chairil Effendy, M.S.
Periode tahun 2006-2010 : Dr. Aswandi
Periode tahun 2010-2014 : Dr. Aswandi
Periode tahun 2015-2019 : Dr. Martono

Dekan dibantu oleh tiga orang Wakil Dekan adalah sbb:
Wakil Dekan Bidang Akademik    : Dr. Hairida, M.Pd
Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan   : Prof. Dr. Yohanes Bahari, M.Si.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni  : Prof. Dr. Mashudi, M.Pd.