(S2) PGSD

Sejarah  singkat Program Magister  PGSD
Atas dasar prakarsa Prof. Dr. H. Marzuki , MA, M. Ed, SH yang berkolaborasi dan bersinergi dengan dosen-dosen PGSD, anggota Senat FKIP serta atas persetujuan Bapak Dr. Aswandi selaku Dekan dan restu dari Prof. Dr. H. Thamrin Usman DEA selaku Rektor Universitas  Tanjungpura, pada tahun 2013 diajukan proposal pembukaan Program Studi Magister  PGSD ke Dirjen Dikti di Jakarta.

Program studi Magister PGSD  FKIP Universitas Tanjungpura ini berdiri berdasarkan SK Dirjen: No. 630/E.E2/DT/2013/ Tgl. 10 Juli 2013 tentang Penugasan Penyelenggaraan Program Studi Magister PGSD. Jumlah mahasiswa pada tahap awal atau semester I (gasal) tahun 2013 berjumlah 29 orang mahasiswa/i. Dengan dosen pengajar berjumlah 17 orang dosen. Ketua Program studi adalah Dr. Hj. Sri Utami, M. Kes dan dibantu oleh Sekretaris Prodi  yaitu Dr. Rosnita, M. Si. Selanjutnya penyelenggaraan perkuliahan perdana Program Studi Magister  PGSD di mulai pada hari Jumat,  tanggal   6 September 2013, di buka langsung oleh Dr. Aswandi, M. Pd selaku Dekan FKIP Untan.

VISI
    Visi Program Studi Magister  PGSD FKIP Universitas Tanjungpura adalah sebagai institusi preservasi pendidikan yang menjadi salah satu pusat Center of excellent dalam pengembangan PGSD dan  sumberdaya manusia (SDM) yang bermutu dengan:
1. Menghasilkan tenaga yang bermutu Magister PGSD  yang mampu merencanakan, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola serta mengevaluasi kegiatan pendidikan baik di sekolah maupun  di luar sekolah yang dilandasi oleh nilai-nilai Pancasila dan budaya akademik serta profesionalisme yang tinggi.
2. Mendalami, meningkatkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi khususnya PGSD untuk dimanfaatkan seluas-luasnya dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar.

MISI
Misi program studi Magister PGSD adalah:
1. Menyelenggarakan kegiatan akademik untuk menghasilkan Magister PGSD, yang memiliki wawasan pendidikan secara  komprehensif untuk meningkatkan  mutu pendidikan di sekolah Dasar.
2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menunjang kegiatan akademik pada poin pertama di atas  pada satu sisi, serta menunjang pengembangan ilmu dan pengembangan PGSD.
3. Menciptakan strategi-strategi dan produk pembelajaran pada tingkat makro dan mikro.
4. Mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi pembelajaran secara luas digunakan dalam pendidikan di sekolah dasar.
5. Meningkatkan proses pembelajaran dan sumber belajar untuk mendodrong peningkatan  mutu pembelajaran di sekolah dasar.
6. Mengelola PGSD melalui perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan.
7. Mengembangkan program studi sehingga menjadi salah satu Cenrte of excellence pengembangan sumberdaya manusia serta ilmu dan teknologi dalam bidang  PGSD.

TUJUAN PROGRAM MAGISTER  PGSD
1. Tujuan Umum
Program Magister PGSD di FKIP Universitas Tanjungpura secara umum bertujuan memberikan wawasan pengetahuan, keterampilan kepada mahasiwa/i S2 sehingga mereka memiliki sikap, budaya dan perlaku yang positif terhadap dunia pendidikan dasar di Indonesia dan peka terhadap permasalahan pendidikan yang muncul. Diharapkan mereka mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan-permasalahan pembelajaran di sekolah dasar yang berlandaskan hakekat ilmu pendidikan yang dipelajarinya.

2. Tujuan Khusus
Tujuan penyelenggaraan Program Magister PGSD adalah untuk mendidik mahasiswa/i calon Magister Pendidikan (M. Pd. SD) yang:
1) Memiliki pemahaman yang komprehensif dan akurat  tentang hakekat ilmu pendidikan/pembelajaran sekolah dasar  dan perspektifnya dengan memiliki visi dan karakter yang kuat sehingga akan menjadi landasan untuk mengembangkan ilmu pendidikan.
2) Mampu memahami secara komprehensif dan integrasi landasan ilmiah ilmu pendidikan pada umumnya dan manjemen pendidikan dan evaluasi pendidikan pada khususnya.
3) Mampu memahami secara koheren peroses pendidikan secara obyektif yang terjadi disemua lingkungan kehidupan dan kemudian menyikapinya berdasarkan konsep-konsep teknologi pendidikan sehingga terjadi pemberdayaan proses  pendidikan secara optimal.
4) Mampu mengaplikasikan pendekatan sistem dalam rangka pengembangan pendidikan dan pelatihan.
5) Mampu menciptakan strategi-strategi dan produk pembelajaran pada tingkat makro dan mikro.
6) Mampu merancang mengembangkan, dan mengimplementasikan teori dan praktek PGSD, seperti melaksanakan pembelajaran dengan mengembangkan komptensi (i) pedagogik, (ii) kepribadian, (iii) sosial, dan (iv) prosesionalitas.
7) Mampu merancang, mengevaluasi, dan mengembangkan kurikkulum yang dapat mengakomodasikan penerapan teknologi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
8) Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi penelitian bidang pendidikan serta memanfaatkan hasil-hasilnya untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
9) Mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan IPTEKS di masa mendatang.