(S2) Pendidikan Ekonomi


A.    Sejarah Berdirinya
Mengingat Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (pasal 42 ayat 1 dan 2) dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (pasal 29), serta UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (pasal 8 ayat 1 dan pasal 9), kesemuanya mengatur antara lain tentang standar nasional tenaga pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Menurut UU dan PP itu, tenaga pendidik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah harus memiliki: (a) kualifikasi akademik pendidikan minimum, (b) latar belakang pendidikan tinggi sesuai bidang studi, (c) sertifikat profesi guru untuk bidang studi yang diajarkan; (d) kompetensi; (e) sehat jasmani-rohani; dan (f) kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

UU dan PP tersebut secara tegas mengamanatkan bahwa setiap bidang studi yang diajarkan pada jenjang pendidkan dapat meningkatkan kualifikasinya dari S1 menjadi S2. Persoalannya bahwa guru-guru bidang studi  yang ada di sekolah-sekolah baik pada jenjang pendidikan menengah maupun dasar khususnya bidang studi Pendidikan IPS (Pendidikan Ekonomi) di Provinsi Kalimantan Barat yang mengajar pada jenjang pendidikan SMU/SMK/MA dan SMP/MTs serta SD/Snawiyah belum memiliki kualifikasi S2. Hal ini baik untuk tujuan peningkatan kualitas pengajaran maupun untuk mengisi formasi pengawas DIKNAS yang disyaratkan memiliki kualifikasi S2.

Oleh sebab itu Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP menginginkan adanya Porogram Magister Pendidikan Ekonomi FKIP Pada tahun 2005 di ajukan proposal, kemudian di balas oleh DIKTI ada perbaikan tentang Studi Kelayakan Input dan out put, diperbaiki tahun 2007, tahun 2008 masih ada kekurangan tenaga Dosen 2 yang bergelas Doktor dan 4 bergelar Magister dibidangnya, tahun 2010 ternyata persyaratan pendirian prodi Magister 6 dosennya harus bergelar Doktor yang sebidang (Pendidikan Ekonomi) dengan turunnya SK kelayakan no. Tetapi belum boleh menerima mahasiswa, tahun itu juga dilengkapi dengan 6 doktor yang sebidang (Prof. Dr. H. Mashudi, M.Pd, Prof. Dr. Junaidi .HM, M.Pd, Dr.Hj. Nuraini.AS. M.Si, Dr. Herkulana, M.S, Dr. Afrizal, M.Si dan Dr. Haryono, M.Si, Maka pada tahun 2011 terbitlah SK izin operasional no. 137/E/0/2011.
Angkatan pertama Mahasiswa Magister Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Pontianak berjumlah 75 orang.Sebanyak 60% berasaldariKabupaten (Luarkota Pontianak) dan 40% berasaldariKota Pontianak Mahasiswa program MagisterPendidikanEkonomipadaumumnyaberlatarbelakang guru da nada sebahasian kecil yang melanjutkan dari S1 Pendidikan IPS (Ekonomi)

B.    Visi Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
"Tahun 2020 Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Kependidikan Bidang Ekonomi Dan pusat pengembangan Pendidikan Ekonomi Kerakyatan Yang Berwawasan Lingkungan  Dan Mampu Berkomunikasi di Era Globalisasi"

C.    Misi Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi
a. Meningkatkan Kualitas, Integritas dan profesionalisme secara terus menerus di bidang sumber daya manusia sesuai dengan Visi yang dimaksud
b. Menigkatkan Citra Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi yang berkualitas dengan jaminan standar kualitas output yang memiliki daya saing tinggi
c. Mampu melakukan dan menghasilkan penelitian di bidang pengembangan ekonomi kerakyatan yang sekaligus dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat
d. Mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan kulalitas hidup masyarakat
e. Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan kelembagaan manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing secara nasional dan internasional

D.    Peluang Kerja Lulusan
1. Mempersiapkan tenaga kependidikan (guru) yang profesional dalam pengajaran IPS/Ekonomi untuk tingkat SLTP/MTs /SMU/SMK/MA.
2. Mempersiapkan tenaga peneliti, pengembang dan berbagai disiplin profesi kependidikan untuk Mengisi formasi Dinas Pendidikan, Diknas Sejarah dan Nilai Tradisional, Dinas Purbakala dan Militer (seksi Binmen), POLRI dan berbagai instansi lainnya.
3. Mempersipakan tenaga DIKLAT di berbagai bidang dan instansi khususnya yang berkaitan dengan masalah-masalah sosial dengan menggunakan dan/atau mengembangkan teori-teori, metode-metode, prinsif-prinsif Ekonomi secara kritis dan kreatif, yang relevan dengan kenyataan dalam usaha mengatasi berbagai masalah sosial dalam rangka pembangunan.

E.    PersonaliaPengelola
     Dr. Aswandi                          = Dekan FKIP
     Prof. Dr. H. Mashudi, M.Pd      = Ketua Pengelola
     Prof. Dr. Junaidi HM M.Pd       = Sekretaris
     Dr. Hj. Nur’aini AS, M.Si          = Koordinator Akademik
     Hartati                                 =  Staf Keuangan
     Aryani, M.Pd                         = Staf
     Riama Al Hidayah                  = Staf