(S2) Pendidikan Bahasa Indonesia


1.    Sejarah Singkat Berdirinya Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, PPs, FKIP, Untan

Pada awal 2007 Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak termasuk prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, melakukan identifikasi, analisis mutu pendidikan, harapan, cita-cita, kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang dihadapi jurusan PBS, FKIP, Untan ke depan. Dilakukan pula aktivitas  “turun ke lapangan” dengan mendengarkan harapan, keinginan, dan kebutuhan para lulusan S1 prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.  Hasil identifikasi, dan analisis itu di antaranya menunjukkan bahwa kebutuhan dan motivasi para lulusan S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 (pascasarjana) sangat kuat.

Motivasi untuk melanjutkan ke program pascasarjana itu didasarkan pada alasan (1) meningkatkan kompetensi profesional, (2) mengembangkan mutu, (3) mendapatkan kualifikasi akademik sesuai dengan bidang pekerjaan, dan (4) mengembangkan karir (Kajian Kelayakan Akademik dan Administratif, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, 2007). Motivasi tersebut, tentu saja, belum dapat terpenuhi karena belum tersedianya Program Pascasarjana (PPs) bidang kependidikan, khususnya Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia di lingkungan FKIP, Untan. Hal ini sesuai dengan amanat UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang pada dasarnya menegaskan bahwa, guru harus berkualifikasi S1, pengawas minimal berkualifikasi S2, dan dosen minimal berkualifikasi akademik S2.

Menyadari adanya harapan, keinginan, dan kebutuhan para lulusan S1 prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, jurusan PBS, FKIP, Untan untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 tersebut jurusan dan prodi memberikan respon positif. Pada September 2007 Jurusan PBS membentuk tim kerja untuk merencanakan, dan menyusun kajian kelayakan akademik dan administratif sebagai upaya untuk membuka program pascasarjana, prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Untan. Rencana pembukaan prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, PPs, FKIP ini mendapat dukungan dari dekan FKIP pada saat itu (Dr. Aswandi), maupun rektor Untan (Prof. Dr. H. Chairil Effendy, MS). Usulan itu direspon oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (saat itu Kementerian Pendidikan Nasional) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) dengan mengeluarkan izin penyelenggaraan prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, FKIP, Untan dengan landasan surat izin No 2366/D/T/2008 tanggal

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, PPs, FKIP, Untan sejak beroperasi pada 2008, secara struktural berada di bawah struktur organisasi fakultas (FKIP) (lihat bagan pengelola prodi). Sejak prodi dibuka pada 2008 itu Untan belum merealisasikan keberadaan Program Pascasarjana Untan, dan eksistensi PPs Untan itu baru direalisasikan pada …………dengan Surat Keputusan Rektor no………..Dengan demikian sistem pengelolaan prodi sejak saat dikeluarkannya izin operasional (2008) itu tidak terlepas dari sistem pengelolaan yang dilaksanakan di fakultas (FKIP).

Ketika prodi ini memulai proses perkuliahan yang pertama yakni pada September 2008, kepemimpinan di prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, PPs (S2),  jurusan PBS, Dekan FKIP, dan Rektor Untan adalah sebagai berikut:

1.    Ketua Pengelola pada waktu itu dipercayakan kepada Dr. Christanto Syam, M.Pd.
2.    Ketua Jurusan dijabat oleh Dr. Martono,
3.    Dekan dijabat oleh Dr. Aswandi.
4.    Rektor pada waktu itu dijabat oleh Prof. Dr. H. Chairil Effendy, M.S.

2.    Tenaga Pengajar/Dosen

1.    Prof. Dr. H. Chairil Effendi, M.S
2.    Prof. Dr. H. Marzuki, M.Ed, MA, SH
3.    Prof. Dr. Bambang Hudiono, M.Pd
4.    Prof. Dr. H. Aunurrahman
5.    Dr. Aswandi
6.    Dr. Martono
7.    Dr. Christanto Syam, M.Pd.
8.    Drs. Sudarsono, MA, Ph.D
9.    Dr. Regina, M.Pd.
10.    Dr. M. Rif’at, M.Pd.
11.    Urai Salam, S.Pd, MCALL. Ph.D.
12.    Dr. Dede Suratman, M.Si
13.    Dr. Wahyudi
14.    Dr. M. Syukri
15.    Dr. A. Totok Priyadi, M. Pd.
16.    Dr. Sisilia Saman, M. Pd.
17.    Drs. A. Hadi Sulissusiawan, M.Pd.
18.    Drs. Sukamto. M.Pd.
19.    Drs. Abdussamad, M.Pd.
20.    Dra. Sesilia Seli, M.Pd.
21.    Drs. Hotma Simanjuntak, M.Hum
22.    Drs. Patriantoro, M.Hum
23.    Drs. Kartono, M.Pd.


3.Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi

a.    Visi program studi
Pada tahun 2020 menjadi  pusat pengembangan dan pusat  informasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang selain berilmu juga beriman dan bertaqwa, berkualitas,  profesional,  berdaya adaptasi dan berdaya saing tinggi pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia pada era globalisasi.

b.    Misi program studi
1.    Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas dalam upaya menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan, peneliti, penyuluh, konsultan di bidang kebahasaan, kesastraan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan pemimpin kependidikan dan kepemimpinan lainnya yang relevan,
2.    Melaksanakan penelitian di bidang kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang bermutu dan dapat dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan dimanfaatkan untuk kepentingan implementatif,
3.    Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, di antaranya melalui penyuluhan kebahasaan, kesastraan, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kepada berbagai lapisan masyarakat, dan lembaga pemerintahan maupun swasta sebagai upaya pembinaan dan pengembangan bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia,
4.    Melaksanakan proses pembimbingan dan pendidikan secara efektif, rasional, terbuka, saling asah, asih, dan asuh sehingga dapat menumbuhkan perilaku intelektual yang berkarakter,
5.    Membangun sistem manajemen pendidikan partisipatif, efisien, dan efektif,
6.    Menciptakan manusia yang bermoral, berkarakter, kreatif, penuh tanggung jawab, dan inovatif,
7.    Membangun dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta pada tingkat local, regional, maupun internasional.

c.    Tujuan program studi
1.    Menciptakan tenaga pendidik yang profesional melalui penyelenggaraan proses pembelajaran yang berakhlak, profesional, dan memiliki kompetensi akademik, pedagogik, dan sosial,  
2.    Menghasilkan dan memantapkan kompetensi keguruan dan kependidikan, kepengawasan, dan kepemimpinan dengan menyelenggarakan berbagai pelatihan pembelajaran bahasa dan sastra (Indonesia) maupun pelatihan kependidikan, dan kepemimpinan sehingga mampu menjawab berbagai tantangan pada era globalisasi,  
3.    Menumbuhkan kemampuan merencanakan, meneliti, dan menyuluh pada bidang kebahasaan dan kesastraan melalui program penelusuran bakat dan minat
4.    Mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam berbagai paradigma, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang aktual yang secara implementatif dilakukan dalam proses yang inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan bagi terciptanya kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia

d. Sasaran dan Strategi Pencapaian
1. Meningkatkan SDM dosen melalui pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan prodi,
2. Mengoptimalkan ketersediaan Silabus dan SAP yang disusun oleh dosen sesuai dengan mata kuliah yang dibina dengan menyediakan waktu, ruang, sarana dan prasarana yang efektif dan efisien,
3. Meningkatkan pelayanan dosen dalam proses pembinaan dan pembimbingan akademik, penulisan proposal penelitian dan tesis melalui wadah yang disediakan,
4. Meningkatkan disiplin dan idealitas etika akademik dosen melalui pertemuan terjadwal dan sosialisasi keberadaan isi panduan khusus tentang kedisiplinan dan etika akademik,
5. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan pelaksanaan PKM  yang relevan dengan prodi dengan mendorong dosen membangun komunikasi dengan berbagai pihak,
6. Meningkatkan jumlah dan mutu tenaga kependidikan program studi, melalui berbagai strategi rekrutmen dan kegiatan pendidikan dan pelatihan,
7. Memaksimalkan rerata IPK > 3,50 melalui upaya peningkatan mutu proses
    pembelajaran,    
8.    Meminimalisasi masa studi mahasiswa ke arah masa studi yang ideal yakni rata-rata  < 3 tahun dengan memberikan motivasi dan pelayanan akademik yang optimal,
9.    Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam proses penelitian melalui kerjasama yang berorientasi kemitraan,
10.    Meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bidang akademik dan keahlian khusus yang dimiliki sehingga menghasilkan prestasi akademik dan keahlian lainnya yang dapat dibanggakan baik pada tingkat local, regional, dan internasional melalui penyediaan ruang, waktu, sarana dan prasarana,

    Secara keseluruhan harapan, cita-cita, tujuan yang akan dicapai prodi khususnya yang berkaitan dengan lulusan adalah, lulusan prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, PPs, FKIP, Untan diharapkan menjadi (1) tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional, (2) peneliti bidang kebahasaan dan kesastraan, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berkualitas, (3) pemimpin di lembaga kependidikan, (4) penyuluh bidang kebahasaan dan kesastraan, (5) konsultan di bidang kebahasaan dan kesastraan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, (6) penulis/sastrawan, (7) jurnalis, dan (8) presenter.