Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Terakreditasi B

SK No. 013/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011 Tanggal 14 Juli 2011

1. Visi Program Studi           
Visi Program Studi PGSD adalah mewujudkan Program Studi S1 PGSD FKIP UNTAN sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) berkualitas dan berwawasan ke-SD-an.

2. Misi Program Studi  
        
Misi Program Studi PGSD adalah sebagai berikut.
a. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
b. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berwawasan ke-SD-an.
c. Menghasilkan tenaga guru sekolah dasar  yang unggul dan mampu bersaing di era globalisasi.
d. Meningkatkan jumlah dan mutu pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan pengembangan bidang kependidikan ke-SD-an.

3. Profil Lulusan               
a. Menghasilkan tenaga guru kelas sekolah dasar yang profesional dan berkarakter mulia.
b. Menghasilkan guru sekolah dasar yang mampu bersaing dan bewawasan keilmuan yang inovatif, kreatif serta mampu membimbing dan mengatasi kesulitan belajar siswa.
c. Menghasilkan guru sekolah dasar yang mampu berperan sebagai peneliti dan pengembang pendidikan.

4. Kompetensi Lulusan
Kompetensi Lulusan Program Studi PGSD meliputi 3 (tiga) kompetensi sebagai berikut.
a. Kompetensi Utama
1)Memiliki kesadarandan perilaku sebagai warga negara berpendidikan tinggi yang agamis, demokratis, cerdas, dan berkarakter mulia.
2)Menguasai substansi, cakupan, dan tata urutan materi ajar disiplin lima mata pelajaran di sekolah dasar (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKn).
3)Memahami karakteristik anak usia SD dalam penggalan usia tertentu, termasuk cara belajar, kemampuan awal, kesulitan belajar, dan latar belakang keluarga dan masyarakat untuk menetapkan kebutuhan belajar anak sekolah dasar dalam konteks kebhinekaan budaya.
4)Memiliki kemampuan dalam meranang, melaksanakan, dan menilai pembelajaran yang mendidik serta mengacu pada pencapaian tujuan utuh pendidikan.
5)Mampu menemukan dan memecahkan permasalahan pembelajaran dalam rangka perbaikan pengelolaan pembelajaran secara sistemais dan ilmiah.
6)Memiliki kemampuan berkomunikasi secara sosial dan profesional, baik di lingkungan sejawat maupn masyarakat dan mampu mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan.
b. Kompetensi Penunjang
1)Mampu menjadi pendidik yang inovatif dan kreatif dengan memanfaatkan perkembangan lmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS).
2)Memiliki kepribadian yang mendukung guru sekolah dasar serta menjunjung tinggi kode etik keguruan berdasarkan Undang-Undang Guru dan Dosen.
3)Menguasai dasar-dasar pendidikan jasman dan olah raga serta pendidikan kesenian dalam kurikulum sekolah dasar.
4)Mendalami tentang perbedaan indvidual, baik segi kognitif, emosional, maupun gerak tubuh, serta kemungkinan kelainan yang disandang, serta pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap perkembangan siswa, termasuk pembentukan nilai-nilai yang relevan.
c. Kompetensi Lainnya
1)Memiliki pemahaman tentang kosep pemelajaran kemasyarakatan.
2)Memiliki keterampilan membelajarkan masyarakat di lingkungan melalui iga program kemasyarakatan, yaitu Pemberantasan Buta Aksara, Taman Bacaan Masyarakat, Kepramukaan an kepemudaan.