Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

A.    Sejarah Lahirnya Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada awalnya merupakan bagian dari IKIP Bandung Cabang Pontianak yang berdiri sejak tanggal 28 Sepetember 1965 berdasarkan SK Menteri PTIP No. 8008/Sekret/BUP/65 yang pada saat itu bernama Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Program studi ini berada di bawah Fakutas Keguruan Sastra Seni (FKSS).
Pada tahun 1969, IKIP Bandung Cabang Pontianak diintegrasikan ke dalam Universitas Tanjungpura yang terbagi menjadi dua  fakultas, yaitu: 1) Fakultas Keguruan dan 2) Fakultas Ilmu Pendidikan berdasarkan SK Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan No. 161/1967 tanggal 16 Desember 1967. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia berada di bawah Fakultas Keguruan. Selanjutnya kedua fakultas tersebut dilebur menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 20418/C/1983 yang memiliki empat jurusan, yaitu:1) Jurusan Ilmu Pendidikan; 2) Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial; 3) Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; dan  4) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berada di bawah Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki izin pendirian No. 8008/Sekret/BUP/65 tanggal 28 September 1965 dan izin operasional No. 54/DIKTI/KEP/2007 tanggal 2 April 2007 serta terakreditasi B (334) berdasarkan Surat Keputusan N0. 014/BAN-PT/AK-XIV/S1/VII/2011, tanggal  21 Juli 2011.

B.    Visi
Kalimantan Barat sebagai provinsi yang berbatasan langsung dengan dua negara tetangga memberikan peluang sekaligus tantangan bagi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kekuatan dan peluang yang dimiliki Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dapat digunakan untuk bersaing dengan lembaga pendidikan tinggi yang semakin berkembang, baik di dalam maupun luar negeri. Dalam rangka menghasilkan lulusan yang terbaik dan terpilih, serta mampu menunjang pengembangan pembangunan di Kalimantan Barat, maka Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merumuskan  visinya sebagai berikut:  Menjadi lembaga penyedia tenaga kependidikan dan tenaga pengkajian dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak, profesional, dan siap memasuki persaingan global dalam rangka pembangunan bangsa.

C.    Misi
Visi dibuat dalam usaha untuk memacu gerak dan langkah program studi ke depan dalam era globalisasi. Perumusan visi ini merujuk dari visi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Universitas Tanjungpura. Untuk dapat mencapai visi program studi itu, ditetapkan misi sebagai berikut:
1. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa Indonesia sebagai sumber kearifan dalam bertindak di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat.
2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan tenaga kependidikan dan tenaga pengkajian dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, maupun bidang tugas lain yang relevan.
3. Menyelenggarakan pembelajaran dan pembimbingan secara efektif dan intensif sehingga mahasiswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
4. Menyelenggarakan dan meningkatkan penelitian dalam bidang kependidikan, kebahasan, dan kesusasteraan baik secara kuantitas maupun kualitas dalam rangka pengembangan ilmu maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat.
5. Menyelenggarakan dan meningkatkan kuantitas maupun kualitas pengabdian kepada masyarakat.
6. Mengembangkan sistem manajemen pendidikan yang partisipatif, efisien, dan efektif.
7. Membangun kerja sama dengan berbagai lembaga, baik pemerintah maupun non-pemerintah pada tingkat lokal, regional, maupun internasional.
8. Menciptakan sumber daya manusia yang memiliki integritas moral yang tinggi, mampu bekerja sama, kreatif, inovatif,  dan bertanggung jawab.

D.    Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut:  
1. Menghasilkan tenaga kependidikan dan pengkajian dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang berakhlak dan profesional sehingga dapat berkompetisi di era globalisasi demi kemajuan daerah, bangsa, dan negara.
2. Menghasilkan tenaga profesional dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk berbagai bidang pekerjaan yang relevan.
3. Menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, berkualitas, dan memiliki integritas moral yang tinggi.
4. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

E.    Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untan adalah sebagai berikut.
1. Meningkatkan kemutakhiran Silabus dan SAP setiap mata kuliah.
2. Memperpendek masa studi mahasiswa menjadi <4,5  tahun
3. Meningkatkan rerata IPK >3,01
4. Meminimalkan mahasiswa dropout.
5. Meningkatkan SDM dosen (S-2 ke S-3)
6. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran.
7. Melibatkan mahasiswa dalam PKM dan penelitian dosen.
8. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen
9. Meningkatkan jumlah dan mutu tenaga kependidikan program studi.
10. Meningkatkan pelayanan dosen terhadap mahasiswa dalam bidang akademik dan penelitian (tugas akhir).
11. Meningkatkan disiplin dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan.

F.     Keterkaitan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Visi dan misi program studi bahasa dan sastra Indonesia merupakan penjabaran dari visi dan misi fakultas universitas. Untuk menjadi program studi unggul yang dapat menghasilkan lulusan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak, profesional, dan siap memasuki persaingan global dalam rangka pembangunan bangsa.  Untuk mewujudkan visi yang sudah ditetapkan diperlukan kesungguhan seluruh civitas akademika prodi, fakultas,  dan universitas. Dengan jumlah dosen dan pendidikan yang sudah memadai memungkinkan menghasilkan lulusan yang unggul. Lulusan yang unggul akan menjadi tenaga pengajar yang profesional. Diharapkan mereka dapat mengimplementasikan ilmu yang diperolehnya di fakultas.

G.    Peluang Kerja Lulusan
Pada umumnya mahasiswa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mampu menguasai bahan/materi yang berkenaan bahasa dan sastra Indonesia, khususnya  bahasa dan sastra Indonesia sekolah, termasuk penguasaan terhadap metode atau strategi pembelajarannya Selain itu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dibekali juga dengan keterampilan jurnalistik, keterampilan memandu acara, kemampuan TIK untuk menunjang proses pembelajarannya, dan kemampuan di bidang organisasi sosial kemasyarakatan melalui kegiatan kemahasiswaan (HIMBASI).

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia selain dapat bekerja sebagai guru yang profesional, dapat juga bekerja sebagai jurnalis, penyiar/pembawa acara, dan peneliti dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.