Internet

Fasilitas Internet FKIP Untan menerapkan sistem autentifikasi yang terintegrasi dengan Akun (login) SIAKAD. Perlu diketahui bahwa integrasi SIAKAD ke sistem hotspot telah berjalan untuk beberapa Fakultas di lingkungan UNTAN sejak April 2013, sedangkan FKIP baru melakukan uji coba integrasi SIAKAD pada akhir Oktober 2013 lalu.

Terkait permasalahan login, berikut beberapa tips bagi pengguna yang mengalami kesulitan login ke hotspot FKIP.

  1. Tidak ada informasi dari pihak Puskom tentang keterkatitan antara Aktif sebagai Mahasiswa dan akses untuk hotspot, akan tetapi tidak ada salahnya jika anda memastikan bahwa anda telah tercatat sebagai mahasiswa aktif pada semester ini.
  2. Pastikan anda sudah mengajukan LIRS melalui SIAKAD.
  3. Pastikan NIM dan Password SIAKAD anda benar dengan mencoba login ke applikasi SIAKAD.
  4. Pastikan penggunaan huruf besar atau huruf kecil pada NIM dan terutama password anda.
  5. Pastikan tidak ada virus/spyware/malware di komputer/perangkat anda sebab firewall kami kerap kali melakukan blokir otomatis selama 1 hari terhadap perangkat yang terindikasi terinfeksi virus dengan ciri-ciri tertentu.
  6. Jika anda faham dengan pengaturan DNS, pastikan setingan DNS pada peralatan anda adalah otomatis.
  7. Jika anda kesulitan login ke SIAKAD, silakan hubungi operator SIAKAD fakultas atau Puskom.
  8. Apabila anda adalah mahasiswa semester akhir yang memiliki surat rekomendasi untuk tidak mendaftar ulang, silakan hubungi operator jaringan Fakultas untuk mendapatkan user sementara.

Sebagai tambahan bahwa menurut pihak puskom, setiap mahasiswa dapat mendaftarkan maksimal 3 perangkat untuk hotspot, dan proses pendaftaran perangkat adalah otomatis setiap kali ada perangkat baru yang anda gunakan. Oleh karena itu, gunakan perangkat yang sering anda pakai untuk mengakses hotspot FKIP.

Hal-hal yang belum jelas silakan ditanyakan melalui email: fkip@untan.ac.id atau silahkan  diskusikan pada Komunitas UNTAN, sub komunitas FKIP di Google+.

Semoga Fasilitas Internet di FKIP Untan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.