Rekrutmen Calon Guru Ke Malaysia Tahun 2017

Dunia Pendidikan


Kamis, 16 Februari 2017 - 12:03:22 WIB | dibaca: 18 pembaca



Sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, negara berkewajiban melaksanakan penyelenggaraan pendidikan wajib belajar 9 tahun untuk setiap warga negara, baik yang tinggal di dalam maupun di luar wilayah NKRI. Kenyataan di lapangan  anak-anak  dari  Buruh Migran Indonesia (BMI)  yang bekerja di Malaysia,  khususnya yang bekerja di sektor perkebunan,  mengalami  kesulitan dalam memperoleh pendidikan. 

Untuk itu, Tahun 2017 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan mengirim kembali  74 orang  guru untuk  pendidikan anak-anak Indonesia di Malaysia selama 2 tahun pada bulan Agustus 2017. 

Tujuan Program Pengiriman Guru

  1. Memenuhi kebutuhan guru untuk memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak BMI yang belum memperoleh akses pendidikan di tempat orang tuanya bekerja di Malaysia; 
  2. Mengembangkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab; dan 
  3. Menumbuhkan nilai-nilai persatuan, membangun rasa kebangsaan, melestarikan budaya dan menanamkan kepribadian serta kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

Pelaksanaan rekrutmen/seleksi Guru untuk anak-anak Indonesia di Malaysia tahap-8 tahun 2017 dilaksanakan Universitas Pendidikan Indonesia  dan Universitas Negeri Semarang.

Informasi lebih lanjut bisa lihat gtk.kemendikbud.go.id atau download di sini

 


Berita Terkait Dunia Pendidikan /

Dialog Sains (nalar-Barat) dan Mistik (religius-Timur)

Kerjasama FKIP UNTAN dan Yayasan Kejayaan Islam Khatulistiwa (YKIK)

Seleksi Calon Mahasiswa Baru: Seleksi Mandiri 2015

SBMPTN 2015 : 693 Ribu Calon Mahasiswa Siap Perebutkan Kursi di 74 PTN

Tanjungpura Nama Kampusku