Guru Mulia Karena Karya - Selamat Hari Guru Nasional Indonesia Tahun 2015

Dunia Pendidikan


Rabu, 25 November 2015 - 13:20:49 WIB | dibaca: 1019 pembaca



Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangasa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangktan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa.

Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia menetapkan tanggal 25 Nopember sebagai Hari Guru Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru.

Mari teguhkan ikhtiar Ibu dan Bapak Guru, ikhtiar kita bersama untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Terus belajar dan mengembangkan diri bukanlah untuk pemerintah, bukanlah untuk kepala sekolah, dan bukanlah untuk kantor dinas, tapi memang sejatinya setiap pendidik adalah pembelajar. Mari sama-sama kita kirimkan pesan kepada seluruh komponen bangsa ini, bahwa guru mulia karena karya! Hanya dari guru yang terus belajar dan berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat yang terus menerus berkontribusi pada masyarakat dan lingkungannya.

Pada setiap kata yang kita tuliskan, ada pahala guru. Pada setiap karya yang kita lakukan, ada sidik jari jasa guru. Apresiasi kita bagi seluruh Guru, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan, atas semua inspirasi dan karya yang dipancarkan di ruang-ruang pembelajaran. Dengan rendah hati atas nama pemerintah, kami sampaikan  kembali rasa hormat dan terima kasih sedalamnya.

Selamat Hari Guru Nasional  25 Nopember Tahun 2015, "Guru Mulia Karena Karya"

Download Surat Hari Guru Nasional 2015

Download Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk Guru Indonesia Tahun 2015


Berita Terkait Dunia Pendidikan /

Revitalisasi Pendidikan Guru

Pengiriman Data dan Berkas e-PUPNS

Agama Tidak Diajarkan

Bukan Kelas Dua

FKIP Untan Mencari Model Pembelajaran di abad ke-21