Firmansyah Qodhariadi Persembahkan gelar JAWARA dalam Sociopreneur Muda Indonesia (SOPREMA) 2016

Kemahasiswaan


Rabu, 28 September 2016 - 09:59:22 WIB | dibaca: 781 pembaca



Sociopreneur Muda Indonesia (SOPREMA) merupakan ajang kompetisi tahunan bagi para pemuda dalam membuat proposal usaha yang memiliki dampak pemberdayaan masyarakat (sociopreneur), SOPREMA 2016 juga mengagendakan beberapa kegiatan pendukung, seperti expo, lokakarya, dan talkshow yang dipusatkan di kampus Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Soprema sendiri mendapatkan dukungan langsung dari pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga, serta dari sponsor besar lainnya seperti bank BRI, Kompas, BPJS Ketenagakerjaan, Angkasa Pura, Pertamina, Telkomsel, dan sponsor – sponsor pendukung lainnya.

Kompetisi  SOPREMA 2016  diikuti oleh 90 TIM / perseorangan sociopreneur pemuda yang telah lolos seleksi awal dari 275 pendaftar dari seluruh provinsi di Indonesia. Salah satu peserta yang lolos dalam tahap semifinal adalah Firmansyah Qodhariadi yang tergabung dalam tim NAJAH dari Kalimantan Barat.

Kegiatan kompetisi dimulai pada tanggal 5 September 2016 pukul 13.00 WIB. Pada tahap ini, sebanyak 90 peserta melakukan persentasi proposal usaha dihadapan dewan juri sesuai dengan kategori masing – masing peserta. Tim Najah termasuk dalam kategori Industri Kreatif, yang mana juri pada tahap ini adalah Dr. Timbul Raharjo (Dosen ISI Yogyakarta) dan Saptuari Sugiharto (founder kedai digital dan sedekah rombongan). Dari 90 tim yang melakukan persentasi proposal, Firmansyah Qodhariadi (Tim NAJAH) lolos ke babak final 18 besar.

Sebelum tampil pada tahap final yang akan dilakukan pada tanggal 6 September 2016 pukul 15.00 WIB, 18 tim yang akan melakukan persentasi termasuk di dalamnya Tim NAJAH terlebih dahulu mengikuti kegiatan Coaching clinic. Kegiatan ini dipandu oleh Dania Setiabudi dan Hendri Harjanto.

Pada tahap final, 18 Tim yang lolos selanjutnya melakukan persentasi dihadapan 3 dewan juri dan audience umum. Adapun 3 juri tersebut adalah Margaretha Denok Marty Astuti, Ali Agus, dan Sugeng Handoko. Tim NAJAH mendapat urutan ke 17 untuk persentasi dengan waktu persentasi selama 10 menit, dan tanya jawab selama 7 menit. Hasil dari tahap persentasi final ini diumumkan pada saat kegiatan jamuan makan malam yang berlangsung pada tanggal 7 September 2016 pukul 19.00 WIB.

Pada malam pengumuman lomba, acara dihadiri oleh pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga serta seluruh pihak sponsor. Adapun kategori pemenang pada lomba ini, terdiri dari 1 Tim JAWARA terbaik (juara 1), 5 Tim JAWARA (juara 2), dan 12 Tim finalis (juara 3). Untuk Tim JAWARA terbaik diperoleh oleh tim Nilam Socio Enterprise dari Yogyakarta. Untuk Firmansyah Qodhariadi (Tim NAJAH) sendiri terpilih sebagai JAWARA (juara 2) mengalahkan 12 tim lainnya yang masuk ke babak final.


Berita Terkait Kemahasiswaan /

Pendataan Ulang Mahasiswa Baru FKIP Untan Angkatan 2016

Temu Alumni dan Seminar Nasional Pendidikan IPA

Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Pelayanan Kesehatan untuk Mahasiswa Reguler Untan

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan BBP-PPA Tahun 2015