Cuti Kuliah / Ijin Cuti Akademik

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Tanjungpura, Nomor: 1030/H22/DT/2009, tanggal 5 Oktober 2009, tentang Peraturan Akademik Universitas Tanjungpura, kepada mahasiswa dapat diberikan cuti akademik/kuliah (stop out) karena alasan yang dapat dipertanggungjawab-kan. Ketentuan cuti akademik dimaksud adalah sebagai berikut:

1)    Ijin cuti akademik diberikan Rektor atas permohonan mahasiswa yang bersangkutan setelah mendapat rekomendasi dari Dekan FKIP Untan, karena alasan yang dapat diterima seperti hamil, sakit yang harus istirahat, dan kesulitan ekonomi.

2)    Ijin cuti akademik diajukan selambat-lambatnya satu bulan setelah penutupan pendaftaran ulang pada semester yang bersangkutan.

3)    Ijin cuti akademik diberikan paling lama 4 (empat) semester berturut-turut atau 2 (dua) tahun kumulatif selama studi.

4)    Waktu cuti akademik tidak diperhitungkan dalam masa studi. Sedangkan mahasiswa yang tidak daftar ulang tanpa seijin rektor atau mahasiswa yang diberhentikan sementara (diskors) karena terkena sanksi akademik tetap diperhitungkan masa studinya

5)    Ijin cuti akademik tidak dapat berlaku surut dan tidak diberikan kepada mahasiswa yang akan di drop out (DO) atau di skors.

6)    Mahasiswa boleh mengambil cuti akademik (stop out) setelah mengikuti kegiatan akademik/perkuliahan sekurang-kurangnya 2 (dua) semester.

7)    Mengenai syarat-syarat untuk mendapatkan ijin cuti akademik disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di Untan.